30 April 2024

Kolaborasi UPT.Penda NTT Wilayah Malaka, Bank NTT Betun dan segenap Stakeholder

0
Spread the love

libasmalaka.com- UPT. Pendapatan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Wilayah Kabupaten Malaka atau lebih dikenal dengan SAMSAT Malaka, terus melakukan, kreasi, inovasi dan berbagai terobosan yang inovatif guna meningkatkan Pendapatan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang bersumber dari Pajak Kendaraan Bermotor.

Upaya pencapaian target penerimaan Pajak Kendaraan bermotor, UPT.Pendapatan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Wilayah Kabupaten Malaka, terus berkoordinasi dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak diantaranya, Pemerintah Kabupaten Malaka, Lantas Polres Malaka, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Malaka, Bank NTT Cabang Betun sebagai mitra kerja, para Camat, Para Kepala Desa/Lurah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan masyarakat wajib Pajak Kendaraan Bermotor se- Kabupaten Malaka.

Dukungan dan kerja sama yang diberikan oleh semua elemen terkait terhadap penerimaan pajak kendaraan bermotor di Wilayah Kabupaten Malaka, dibuktikan dengan melaksanakan kegiatan bersama diantaranya :

Pemerintah Kabupaten Malaka

Mendukung dengan memberikan himbauan kepada semua semua Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Lingkup Pemkab Malaka untuk melunasi Pajak Kendaraan Dinas Milik Pemerintah Kabupaten Malaka. Dukungan tidak sebatas pada himbauan namun juga dengan tindakan nyata yang ditunjukan Bupati Malaka Dr. Simon Nahak , SH., MH dan Wakil Bupati Malaka Loise Lucky Taolin yang sering di sapa Kim Taolin pada pelaksanaan kegiatan apel penertiban aset kendaraan Dinas Milik Pemkab Malaka. sekaligus, melibatkan UPT.Pendapatan Daerah Wilayah Malaka bersama Tim terpadu yang dibentuk dengan Keputusan Bupati dalam kegiatan pemeriksaan seluruh Dokumen kendaraan Dinas dari tanggal 6 sampai dengan 13 Juli tahun 2021. Hasil dari pelaksanaan apel penertiban aset kendaraan dinas adalah pengurangan angka tunggakan pajak kendaraan dinas serta adanya peningkatan kesadaran baik Pimpinan Organisasi perangkat Daerah dan berdampak langsung kepada seluruh masyarakat pemilik kendaraan bermotor di Kabupaten Malaka dengan kesadaran sendiri untuk melunasi tunggakan pajak kendaraan.

Polres Kabupaten Malaka

Dukungan yang diberikan oleh Polres Malaka melalui SATLANTAS Polres Malaka yakni, terus menjalin kerja sama dan bergandengan tangan, melaksanakan kegiatan operasi tilang bersama penertiban dokumen dan Pajak kendaraan Milik masyarakat Kabupaten Malaka sekaligus memberikan penyadaran kepada masyarakat Malaka tentang taat berlalu lintas, berdokumen kendaraan dan juga taat dan sadar membayar pajak kendaraan bermotor.

Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Malaka

Keterlibatan tokoh agama dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Malaka yakni bersama selalu bergandengan tangan dengan UPT.Penda NTT Wilayah Kabupaten Malaka dalam memberikan informasi dan himbauan kepada masyarakat tentang sadar Pajak kendaraan bermotor baik melalui mimbar – mimbar agama dan momentum budaya yang dihadirkan oleh banyak orang.

Bank NTT Cabang Betun.

Kolaborasi dan jalinan kerja sama yang dibangun yakni, memadukan antara program kegiatan UPT Pendapatan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Wilayah Kabupaten Malaka dan Bank NTT Cabang Betun dalam Program kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi atau KIE, kepada masyarakat Pemilik kendaraan Bermotor. Kegiatan yang dilaksanakan melalui koordinasi yang di bangun dengan pemerintah Desa dan Kecamatan beserta masyarakat pemilik kendaraan bermotor. Kegiatan tersebut Tim UPT dan Tim Bank NTT masing – masing menyampaikan program layanan inovatif kepada masyarakat untuk sadar menabung di Bank NTT dan juga sadar akan pajak kendaraan bermotor. Selain itu, masyarakat diajak untuk menggunakan layanan inovatif bank NTT dalam pelunasan Pajak kendaraan melalui vitur M- Banking Bank NTT.

Para Camat dan Para Kepala Desa

Keterlibatan para Camat dan Kepala Desa dalam mendukung program, adalah peran serta dan keterlibatan langsung para Camat dan Kepala Desa dalam menyampaikan informasi baik tentang sadar pajak kendaraan, maupun informasi tentang masyarakat yang akan membayar pajak kepada Tim Samsat Malaka melalui WhatsApp Group Mitra Samsat Malaka, untuk melakukan jemput bola pelayanan. Juga informasi tentang penetapan terhadap jumlah pajak kendaraan milik masyarakat akan dibayar, sehingga pemilik kendaraan memiliki kepastian informasi tentang besaran jumlah pajak kendaraan.

Penulis : Mare Octo
UPT.Penda NTT Wilayah Malaka

About Post Author

Tinggalkan Balasan