Sebanyak 214 Warga Desa Kakaniuk Antusias Terima Vaksin

0
Spread the love

libasmalaka.com- Warga Desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka menerima vaksin pertama, sebagai salah satu program prioritas di masa pandemi covid-19. Vaksin tersebut diberikan secara terpusat di Kantor Desa Kakaniuk, Kamis (16/09/2021) oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Betun dan dikawal langsung Kapolsek Malaka Tengah dan aparat lainnya.

Kepala Desa Kakaniuk, Petronela Luruk ketika dikonfirmasi di sela-sela kegiatan mengatakan, pemberian vaksin ini merupakan upaya pemerintah untuk menyentuh langsung masyarakat agar terhindar dari virus corona.

” Beberapa waktu lalu saat pertemuan dengan Bupati Makala di Kantor Camat kami usulkan agar pemberian vaksin selain di puskesmas juga bisa dilakukan di wilayah desa. Hari ini terjawab dan mewakili masyarakat kami sampaikan terima kasih banyak,” ujar Petronela.

Lebih lanjut, Kepala Desa Kakaniuk 2 periode ini mengatakan kegiatan ini juga karena ada koordinasi yang baik dengan Puskesmas Betun.

” Setelah membangun komunikasi dan koordinasi, kami implementasikan kepada warga dengan membuat pengumuman dan calling keliling agar warga bersedia datang ke Kantor Desa untuk divaksin dengan membawa persyaratan seperti KTP,” ungkapnya lagi.

Dokter Diah Paramitha, dari Puskemas Betun ketika dikonfirmasi mengatakan masyarakat cukup antusias untuk mendapatkan vaksin ini.

“Masyarakat sangat senang dengan adanya vaksin ini. Kami dari tim kesehatan lakukan screening dan banyak yang memenuhi syarat untuk divaksin,” katanya.

Dirinya juga melihat bahwa masyarakat sudah semakin sadar akan arti pentingnya kesehatan.

“Dengan adanya pandemi covid ini, pola hidup masyarakat seperti mencuci tangan, pakai masker menjadi kebiasaan dan jika dipertahankan pola hidup bersih dan sehat akan lebih baik,” tambahnya.

Senada Bhabinkamtibmas Desa Kakaniuk, Bripka Yulius Seran Taek ketika dikonfirmasi wartawan mengungkapkan bahwa masyarakat sangat senang dengan adanya pemberian vaksin di desa.

“Mereka (warga) tidak perlu jauh-jauh ke puskesmas tapi petugas sendiri yang datang, sehingga memudahkan mobilitas masyarakat untuk menerima vaksin,” kata Polisi yang susah 8 tahun bertugas di Polsek Malaka Tengah ini.

Dirinya juga pada kesempatan itu menghimbau kepada masyarakat untuk tetap taat dengan protokol kesehatan covid-19 sehingga keinginan pemerintah untuk herd immunity bagi masyarakat terwujud.

Sebagai informasi, masyarakat Desa Kakaniuk yang menerima vaksin sebanyak 214 orang dan dilayani petugas medis dari Puskesmas Betun.(Ananda Budiman)

Sumber : Kominfo Malaka

About Post Author

Tinggalkan Balasan