20 April 2024

Di Dusun Semarang, Pemdes Tanjung Sari Berupaya Tingkatkan Ekonomi Warga Dengan Membangun Infrastruktur

0
Spread the love

Lamsel, www.libasmalaka.com – Pembangunan infrastruktur jalan merupakan bagian dari program pembangunan Pemerintah desa (Pemdes) Tanjung Sari Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) dibawah kepemimpinan Jarwono Kepala desa (Kades) setempat.

Pembangunan di desanya merupakan usaha yang dilakukan sebagai langkah untuk membangun perekonomian warga, Peningkatan perekonomian suatu desa akan menciptakan kesejahteraan warga sehingga pembangunan infrastruktur jalan sangatlah penting.

Walaupun tersendat melaksnakan program pembangunan akibat pandemi virus Covid-19, Pemdes Tanjung Sari terus berusaha untuk membangun infrastruktur jalan didesanya,

Dengan menggunakan anggaran dana desa (DD) tahap II Pemdes Tanjung Sari membangun jalan  rabat beton di Dusun Semarang selain itu, Pemdes Tanjung Sari juga membangun Gorong – gorong dan saluran air atau Drainase di dusun yang sama.

Kades Tanjung Sari, Jarwono mengungkapkan, Pembangunan infrastruktur yang dilakukan pihaknya merupakan salah satu program pembangunan yang telah dicanangkan.

“Melalui Musdus dan Musdes jalan diDusun Semarang tersebut diajukan warga ke Pemdes, Di tahap II DD kita baru bisa melaksanakanya,” Ungkapnya kepada pewarta saat bincang-bincang diruang kerjanya.

Jarwono menerangkan, Pembangunan infrastruktur jalan rabat beton di Dusun Semarang menggunakan anggaran DD tahap II tahun 2021 sebesar Rp 50.693.000 dengan volume 82 x 3 x 0,15 Meter.

Pembangunan Gorong-gorong plat dengan volume Panjang 3,0 meter, Tinggi 0,6 meter dibangun di Dusun Semarang menggunakan anggaran DD tahap II sebesar Rp. 8.885.000.

“Kita juga membangun saluran air atau Drainase dengan volume Panjang 164 meter, Tinggi 0,4 meter besar anggaran Rp. 57.011.000, menggunakan DD tahap II juga,” Terangnya.

Pembangunan infrastruktur sangat penting untuk lebih di perhatikan khususnya pada dusun yang masih sangat minim sarana dan prasarana infrastrukturnya.

“Namun ditahun 2020 hingga saat ini pembangunan yang akan dilakukan mengalami kendala akibat pandemi virus Covid-19,” Katanya.

Terpisah, saat pewarta meninjau ke lokasi pembangunan rabat beton di Dusun Semarang, Tampak pembangunan tersebut dilakukan secara swakelola dan untuk pelaksana pembangunan itu dilakukan oleh TPK Desa Tanjung Sari, Tampak juga Gorong-gorong dan Drainase yang sudah selesai dikerjakan oleh TPK desa tersebut. (Saf)

About Post Author

Tinggalkan Balasan