Lampung Selatan

Di Sukabakti, Gugus Tugas Covid-19 Palas Lakukan Edukasi Pola Hidup Bersih Dan Sehat Serta Pencegahan Penyebaran Covid-19

Lamsel, www.libasmalaka.com – Dalam Menyelaraskan langkah memutus mata rantai virus pandemi Covid-19, Gugus tugas Covid-19 Kecamatan Palas lakukan Sosialisasi edukasi pola hidup bersih Dan Sehat Serta Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Tujuan kegiatan tersebut agar kedua gugus tugas Covid-19 yakni gugus tugas Kecamatan dengan gugus tugas desa agar dapat bekerjasama dengan baik dalam memutus mata rantai virus Covid-19.

Hal itu dikatakan, Gusfatriansyah, SE. Sekcam Palas yang juga wakil ketua gugus tugas Covid-19 Kecamatan Palas mewakili Rika Wati ketua gugus tugas Kecamatan Palas yang juga Camat setempat usai lakukan Sosialisasi edukasi pola hidup bersih Dan Sehat Serta Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Mari kita sama-sama bergotong royong antara tim gugus Covid-19 Kecamatan dan tim gugus Covid-19 desa untuk memutuskan mata rantai virus Covid-19 karena ini tanggung jawab kita bersama,” Katanya.

Agar selaras dengan gugus tugas Covid-19 desa, Gugus tugas Kecamatan Palas takan pernah bosan untuk menghimbau gugus Covid-19 desa untuk bagaimana caranya dalam memutus mata rantai virus Covid-19 dengan bersama sama.

“Dalam hal ini kita akan sama-sama menyadarkan masyarakat kita agar tetap ikuti Prokes dan tidak menyepelekan virus Covid-19,” Ujar Gusfatriansyah kepada pewarta media ini.

Lanjutnya, Rosalina UPT Puskesmas Palas mengungkapkan, Di bidang kesehatan, Pihaknya melakukan tiga hal yakni 3 T (testing, tracking dan treatment).

“Testing, Kita melakukan pemeriksaan pasien, pasien tersebut reaktif Covid-19 atau tidak, tracing, jika ada yang reaktif kita kembali mencari kontak eratnya, treatment, kita lihat gejalanya jika gejalanya ringan kita memberikan penanganan dan memberikan sufort dan juga memberikan vitamin namun jika gejalanya berat maka kita akan membawanya ke rumah sakit, dan itu semua harus dilakukan oleh Puskesmas bukan masyarakat,” Ungkapnya.

Sebelumnya, Pada Sosialisasi edukasi pola hidup bersih Dan Sehat Serta Pencegahan Penyebaran Covid-19, Susilo Ketua Gugus Covid-19 Desa Sukabakti menyampaikan laporan perkembangan kasus Covid-19 didesanya.

Dalam laporanya, Jumlah masyarakat yang tracking sebanyak 20 orang, jumlah yang terkonfirmasi positif 10 orang, pasien yang menjalankan isoma (isolasi mandiri) 10 orang, pasien di rujuk ke rumah sakit 0.

“Jumlah pasien selesai isoma 0, jumlah pasien yang sembuh 0, Jumlah terakhir yang masih isoma 10 orang, jumlah terakhir pasien positif 10 orang,” Lapornya.

Masih dalam laporannya Susilo mengatakan, Upaya pencegahan yang dilakukan tim gugus Covid-19 desa Sukabakti,
1. Memberikan sosialisasi tentang kebiasaan baru yaitu, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.
2. Melakukan penyemprotan cairan disinfektan kerumahnya rumah penduduk melalui kepala dusun dan RT setempat.
3. Pemberian vitamin kepada penduduk (KK) Melalui kepala dusun dan RT setempat.

Penanganan terhadap peningkatan,
1. Memberikan himbauan kepada warga agar selalu menjaga kondisi badan dengan cara, istirahat yang cukup, makan teratur dan tidak lupa 3 M tetap dijalankan, Jangan bepergian jika tidak mendesak, Minum vitamin yang bisa menjaga kestabilan imun atau kekebalan tubuh.

“Hasil fositif dari penanganan, jumlah terkonfirmasi tidak bertambah, tingkat kesadaran masyarakat untuk vaksin 70 % dan perkembangan positif nya adalah Masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh masing-masing, Sementara untuk kendala yang dihadapi, Adanya masyarakat yang ngeyel tidak menjalankan 3 M,” Tutupnya.

Kegiatan itu dilaksanakan diBalai Desa Sukabakti Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Kegiatan itu juga dihadiri Tim gugus tugas desa Sukabakti diantaranya, Susilo Ketua tim gugus tugas desa yang juga Kades setempat beserta anggota, sementara tim gugus tugas Kecamatan Palas, Gusfatriansya Sekcam Palas mewakili Rika Wati Camat Palas beserta Forkopimcam Palas, Jumat (09/07/2021).  (Saf)

raja saf

Kepala Biro Provinsi Lampung

Berita Lain 👇

Tinggalkan Balasan