19 April 2024

Selain Menerangkan MDPJ Semester I, Septa Perdinan Himbau Warga Menjaga Kesehatan Dan Ikuti Prokes

0
Spread the love

Lamsel, www.libasmalaka.com – Mewakili Camat Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Sabtudin, Septa Perdinan Kasi Ekobang Kecamatan setempat himbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dan mengikuti Prokes

Himbauan itu disampaikan saat musyawarah desa pertanggung jawaban (MDPJ) APBdes Semester I tahun anggaran 2021 yang dilaksanakan diAula kantor desa Banding Kecamatan Rajabasa Lamsel, Rabu (07/07/2021).

Dalam Himbaunya, Septa Perdinan mengatakan, Virus Covid-19 jangan pernah disepelekan dan juga tidak merasa ketakutan yang berlebihan.

“Tolong sampaikan kepada saudara kita dan warga kita patuhilah Prokes, karena luar biasa virus ini, Marilah kita sama-sama menjaga kesehatan kita, Keluarga kita, warga kita, jaga imun tubuh kita jangan sampai tubuh kita menjadi drop, virus Covid-19 jangan pernah disepelekan,” Himbaunya.

Usai memberikan himbauan tersebut, Septa Perdinan pun menyampaikan masalah Musyawarah MDPJ yang dilaksanakan di desa setempat.

Menurut Septa Perdinan Musyawarah MDPJ merupakan amanah undang-undang dimana penggunaan dana desa harus tranparansi.

“Mungkin ini tahun pertama dimasa jabatan pak kades ini, karena pak kades akan habis masa jabatannya, karena itu masa jabatannya akan habis di semester pertama jadi dilaksanakan MDPJ juga di semester pertama,” Ungkapnya.

Septa berharap dilaksanakanya laporan MDPJ mendapatkan keberkahan.

“Inilah siklus dari pemerintahan dimana masa jabatannya akan berakhir, ini suatu pertanggung jawaban yang wajib disampaikan oleh pak Juheruddin, Nanti kita simak dan dengarkan apa saja yang telah dilaksanakan apa saja yang dilakukan oleh Pemerintahannya selama ia menjabat, dalam bahasa kerennya ialah tiada dusta antara kita, semoga saja MDPJ ini mendapatkan keberkahan,” Harap Septa Perdinan.

Hal senada juga disampaikan, Purwatina, SE PD (Pendamping Desa) Kecamatan Rajabasa, Ia menuturkan, MDPJ semester pertama merupakan pertama kali dilaksanakan oleh Pemdes menurutnya MDPJ biasa dilaksanakan pada akhir tahun.

“Mengingat masa akhir jabatan pada semester pertama maka dilaksanakan MDPJ yah di semester pertama juga, semester pertama dihitung dari 1 Januari sampai 30 Juni, jadi kami wajibkan bagi Kades yang akan berakhir masa jabatannya dilaksanakanlah MDPJ,” Tuturnya.

Lanjutnya, Ketua BPD Banding, Zainal Ikhwan mengatakan, Kegiatan yang sedang dilaksanakan merupakan hal yang baru.

“Alhamdulillah selama saya menjadi ketua BPD ketemu hal yang baru, ya itulah namanya kita belajar, masa jabatan beliau (Kades) tadi sudah disampaikan akan berakhir dua hari lagi, jadi hari ini kita akan mendengar paparan laporan MDPJ yang akan disampaikan oleh Pemdes kita,” Katanya.

Terpisah, Pada penyampaian dalam sambutan sebelumnya, Juheruddin mengatakan, Pentingnya MDPJ dilaporkan kepada masyarakat agar masyarakat dapat mengetahui pembangunan apa saja yang telah dilakukan oleh Pemerintah desa (Pemdes).

“Laporan MDPJ ini adalah laporan apa yang telah dilaksanakan oleh Pemdes Banding di Semester satu,” Katanya.

Dua hari lagi masa jabatannya sebagai Kades Banding telah selesai, Juheruddin meminta maap kepada masyarakat.

“Masa jabatan saya berakhir pada 09/07/2021, jadi dua hari lagi, maka dari itu saya meminta maap kepada masyarakat jika selama kepemimpinan saya ada yang kurang, makanya perlu MDPJ dilaksanakan pada hari ini karena masa jabatan saya akan berakhir, jadi apa saja yang telah dikita lakukan dengan menggunakan anggaran dana DD kita harus laporkan realisasi kepada masyarakat,” Ujarnya.

Juheruddin pun meminta kepada masyarakat untuk berkomunikasi langsung ke Pemdes Banding jika msyarakat belum paham terkait laporan realisasi penggunaan anggaran untuk membangun desa yang telah disampaikan tersebut.

“Laporan realisasi ini kita belum memahami, saya harap kepada masyarakat untuk datang langsung kepada saya atau berkomunikasi dengan Pemdes,” Tutup Juheruddin.

MDPJ semester pertama tahun anggaran 2021 dihadiri, Septa Perdinan Kasi Ekobang Kecamatan Rajabasa mewakili Sabtudin Camat Rajabasa, aparatur desa Banding, BPD, LPM, Purwatina PD Kecamatan Rajabasa dan tokoh masyarakat setempat, Rabu (07/07/2021).

About Post Author

Tinggalkan Balasan