Damkar Lamsel Semprotkan Disinfektan Di Desa Pulau Tengah, Nuryanto Ucapkan Terimakasih Kepada Satgas Covid-19 Kabupaten

Lamsel, www.libasmalaka.com – Untuk menimalisir penularan wabah virus Covid-19 kepada warga yang tidak terjangkit virus itu, Seluruh dusun di Desa Pulau Tengah Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) disemprot disinfektan oleh Dinas Pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (10/06/2021).

Penyemprotan yang dilakukan Dinas Damkar Lamsel merupakan perintah langsung Satgas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Septa Oksal Gunawan, SE Kasi Trantib. kecamatan Palas mewakili Rika Wati, S,. STP, MM Camat setempat.

Dikatakannya, Sehubungan banyaknya warga yang reaktif virus Covid-19 Pihaknya melaporkan hal itu ke Satgas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan.

“Sebagaimana kita ketahui di Desa Pulau Tengah banyak yang reaktif, jadi untuk mencegah dan menimalisir penularan, maka perlunya ada penyemprotan disinfektan, penyemprotan dilakukan Damkar merupakan perintah Satgas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan,” Ungkap Septa Oksal Gunawan.

Ketika Septa ditanya ada berapa warga Desa Pulau Tengah yang reaktif dan status desa tersebut masuk ke zona merah atau kuning, Septa menjawab sesuai informasi yang diperoleh dari Dinas Kesehatan dalam hal ini pihak Puskesmas namun Septa enggan menjawab untuk statusnya karena menurutnya keputusan zona bukan dari pihaknya.

“Menurut informasi dari Puskesmas, kemarin ada 27 warga reaktif dan kalau tidak salah kemarin tambah 3, kalau masalah status zona bukan wewenang kita, kasus ini sudah dilaporkan ke Satgas Kabupaten jadi sudah ranah nya Satgas yang memberikan status zona,” Tuturnya.

Lanjutnya, Septa mengatakan, Adanya pemasangan sticker Sedang Isolasi Mandiri di rumah warga yang reaktif virus Covid-19 merupakan instruksi dari Satgas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan.

“Agar warga setempat mengetahui warga yang mana yang reaktif, Satgas Kabupaten Lampung Selatan perintahkan untuk memasang sticker “Sedang Isolasi Mandiri,” Ujarnya.

Bantuan paket sembako dari Dinas BPBD Lamsel akan dibagikan tim Satgas Covid-19 Desa Pulau Tengah ke warga yang sedang lakukan isolasi mandiri

Terpisah, Nuryanto Kades Pulau Tengah menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan yang telah membantu dan bekerjasama dengan pihaknya.

“Saya pribadi sangat berterimakasih kepada Satgas Kabupaten dalam hal ini Pemkab Lamsel yang telah mengirim mobil pemadam untuk menyemprotkan disinfektan didesa kami, dan juga kepada BPBD Lamsel yang telah memberikan paket sembako untuk warga yang sedang isolasi mandiri, saya ucapkan terimakasih,” Ucapnya.

Nuryanto juga ungkapkan, Adanya tambahan warga yang reaktif virus Covid-19 pihaknya telah melaporkan ke Pemkab Lamsel.

“Untuk yang tiga orang ini kita laporkan juga karena ini tambahan dari 27 yang reaktif kemarinya ditambah 3, ke BPBD nanti kita laporkan, dan untuk Dinas Sosial Lamsel juga nanti kita laporkan,” Imbuhnya.

Nuryanto Kades Pulau Tengah sedang mencatat disticker “Sedang Isolasi Mandiri” di rumah warga yang reaktif Covid-19

Nuryanto sambut baik pemberian sticker Isolasi Mandiri dari Satgas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan karena menurutnya penting untuk diketahui oleh warganya.

“Nanti Satgas Covid-19 desa akan memasang sticker Isolasi Mandiri ini ke rumah warga yang reaktif, Kepada Uspika Kecamatan Palas dalam hal ini dari Satpol PP, Koramil dan Polsek yang stanby memantau dan membantu kami, Saya ucapkan terimakasih,

Diakhir ungkapanya, Nuryanto katakan, Tim Satgas Desa Pulau Tengah akan menyemprotkan disinfektan ke gang -gang yang tidak bisa dilalui oleh mobil Damkar.

“Tadi seluruh dusun yakni dua dusun, lima RT disemprot sama Damkar, besok kita teruskan penyemprotan disinfektan secara manual oleh Satgas Covid-19 desa ke jalan-jalan yang tidak bisa dilalui oleh Damkar,” Tutupnya.  (Saf)

Berita Lain 👇