Penjabat Bupati Malaka Gelar Pertemuan Dengan Tokoh Agama

libasmalaka.com – “Hari ini, saya bertemu dengan para Tokoh Agama se-Kabupaten Malaka untuk membicarakan beberapa agenda penting yang berkaitan dengan kondisi aktual yang terjadi saat ini,   Hal itu dikatakan oleh Penjabat Bupati Malaka  Viktorianus Manek  S.Sos, M.Si saat menggelar pertemuan dengan para Tokoh Agama se-Kabupaten Malaka Selasa (30/3/2021) Pertemuan berlangsung di aula kantor bupati malaka  untuk membicarakan beberapa agenda penting yang berkaitan dengan situasi nasional.

Adapun agenda penting yang dibahas antara lain pertama, kondisi nasional terkait bom di Katedral Makassar pada Minggu Palma dan terbakarnya kilang minyak PT Pertamina Balongan di Indramayu; kedua, apresiasi atas dukungan dari para Tokoh Agama sehingga proses pilkada di Malaka berjalan dengan baik; ketiga, persiapan umat Katolik untuk menghadapi Pekan Suci dan Perayaan Paskah baik secara batin maupun secara fisik.

Sementara  Ketua Klasis GMIT Malaka, Pendeta Benny mewakili umat Kristen di Malaka mengemukakan keprihatinan terkait kejadian bom bunuh diri di Katedral Makassar dan tetap bersama umatnya berdoa agar keadaan segera pulih dan tidak terprovokasi dengan kondisi yang ada.

“Terkait ibadah, sudah ada panduan yang poinnya tetap memberi perhatian penuh pada covid-19 dan perayaan paskah dilaksanakan tapi tidak ada pawai seperti tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Romo Dekenat  Malaka,  Edmundus Sako, Pr mengatakan agar penjabat Bupati tetap menjalankan tugas dgn baik sesuai dengan tugas dan tanggung jawab serta kewenangannya.

“Sehubungan dengan peristiwa yang terjadi di Katedral Makasar, kami sudah sampaikan kepada pihak keamanan agar tetap berkoordinasi untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi,” katanya sambil menambahkan agar tetap waspada dengan keadaan yang ada.

Kaitan dengan perayaan paskah tetap sesuai dengan petunjuk bahwa hanya dilakukan pada siang hari sedangkan malam hari ditiadakan.

Hal senada disampaikan juga Romo Leo Nahas, Pater John Napan dan Romo Alo Kosat agar pengamanan tetap menjadi prioritas dalam menghadapi Pekan Suci bagi umat Katolik.

Ketua MUI Kabupaten Malaka, Zainal Muttaqin mengatakan umat Muslim Kabupaten Malaka sangat menghormati perayaan-perayaan besar bagi umat atau jemaat di Malaka.

“Khusus untuk paskah, kami Umat Muslim melalui Pemuda Ansor dan Banser akan terlibat dalam pengamanan di setiap tempat-tempat perayaan dan siap berkoordinasi dengan aparat TNI dan Polri,” katanya.

Pertemuan ini juga dihadiri Staf Ahli Bupati Malaka, Para Assisten Setda Malaka dan Pimpinan Perangkat Daerah terkait. Hk

editor Ananda Budiman

Berita Lain 👇