Di Aula Kesehatan, ASN Eselon III Dan IV Lingkungan Pemkab Lamsel Di Vaksin Tahap II

0
Spread the love

Lamsel, www.libasmalaka.com – Melalui Dinas Kesehatan Lampung Selatan (Lamsel) Program vaksinasi pemerintah pusat terus berlanjut, Kali ini vaksinasi tersebut menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon III dan IV di lingkungan pemerintah daerah setempat, Selasa (9/3/2021).

Kristi Endarwati, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Lamsel  mengatakan, sekiranya terdapat 200 ASN dari 8 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan melakukan vaksinasi Tahap 2 di Aula Dinas Kesehatan setempat.

OPD tersebut yakni, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan, Dinas TPH dan Perkebunan, Dinas Peternakan dan Keswan, Dinas Damkar dan Penyelamatan, Dinas Perhubungan dan BPKAD.

“Kalau yang di Aula ini ada 8 OPD. Jadi perkiraan sekitar 160 sampai 200 orang, tergantung yang datang nanti,” kata Kristi ditemui disela kegiatan vaksinasi di Aula Dinas Kesehatan setempat.

Untuk mempercepat proses vaksinasi, lanjut Kristi, Dinas Kesehatan menyiapkan tim tenaga kesehatan dari 2 puskesmas yang berbeda, yaitu Puskesmas Palas dan Puskemas Ketapang.

“Karena kalau satu Puskesmas tidak mampu untuk melayani sekirar 160 sampai 200. Kita harus menerapkan protokol kesehatan juga dalam suatu layanan,” ungkapnya.

Kristi juga menjelaskan, beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh peserta dalam proses vaksinasi. Yakni dimulai dengan pendaftaran, skrining, vaksinasi, pencatatan pelaporan dan observasi.

“Selesai vaksin menunggu 30 menit, dikhwatirkan nanti ada reaksi-reaksi tertentu. Siapa tahu nanti ada yang pingsan dan lain-lain. Disini sudah siap tenaganya, biar stabil dulu,” terangnya.

Sementara, pada hari yang sama, diselenggarakan pula vaksinasi di RSUD Bob Bazar untuk Pegawai Pengadilan Negeri sebanyak 19 orang, dan di Puksesmas Way Urang Untuk Tenaga Pendidik/Guru sebanyak 100 orang.

Selanjutnya, di Puskesmas Kalianda untuk pejabat eselon IV Sekretariat Pemerintahan sebanyak 36 orang, atlet 20 orang dan pedagang pasar sebanyak 100 orang, serta di Bakauheni untuk ASN ASDP sebanyak 100 orang. (Saf/ptm).

About Post Author

Tinggalkan Balasan