Pemkab Malaka : Semua Tempat Usaha Kantor Wajib Pasang Peringatan Porokes Covid-19

libasmalaka.com – Penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Malaka saat ini semakin mengganas. Untuk itu warga diminta jangan main-main dan menyepelekannya.

Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Malaka Imbau semua tempat usaha dan perkantoran wajib memasang spanduk atau poster tentang peringatan protokol kesehatan (Porokes) covid 19 dan wajib menyediakan air bersih dan sabun

Sampai saat ini sudah tercatat 32 pasien positif covid-19 dimana 12 diantaranya sedang dalam pengawasan dan 22 sudah dinyatakan sembuh.

hal itu disampaikan Sekertaris Daerah (Sekda) Malaka, Donatus Bere, S.H didampingi Kadis Kesehatan, drg. Paskalia Frida Fahik kepada Wartawan di Betun, Ibu kota Kabupaten Malaka, Selasa (2/2/2020).

Donatus menegaskan, terkait pandemi covid-19 yang masih menyebar di se-antero belahan dunia tak terkecuali di Malaka. Saat ini penyebarannya semakin tinggi sehingga diharapkan warga untuk jangan main-main dan anggap remeh.

Sejauh ini, katanya, tercatat 32 pasien positif terpapar covid-19 dimana 20 sudah sembuh tetapi 12 masih dalam pengawasan petugas medis. Mereka sedang dalam isolasi mandiri dengan tetap dipantau perkembangannya.

Berkenaan dengan itu, lanjut mantan Kabag Humas Setda Belu ini, Pemkab Malaka telah mengeluarkan surat edaran yang mengatur soal aktifitas perkantoran, kegiatan ibadah dan kegiatan kemasyarakatan.

Untuk kegiatan perkantoran, katanya, diterapkan pola Work From Home (WFH) dan sistem shift. Untuk kegiatan ibadah di rumah ibadah tidak diijinkan, sedangkan  kegiatan kemasyarakatan seperti adanya kematian diharapkan dalam 1×24 jam orang yang meninggal segera dikuburkan.

” Untuk pesta dibatasi dimana dilaksanakan pada siang hari dengan jumlah yang hadir maksimal 200 orang. Jika terpantau lebih maka kita bubarkan,” tegas Donatus.

Untuk diketahui, terkait penyebaran covid-19 yang makin meluas Pemkab Malaka melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Malaka melakukan calling keliling menggunakan mobil dan pengeras suara untuk meminta warga menaati protokoler kesehatan (Prokes).

Kegiatan yang dilakukan ini guna memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona Disesiase (Covid) 19 di Kabupaten Malaka.

Beberapa hal yang disampaikan saat kegiatan calling keliling adalah meminta masyarakat wajib menggunakan masker, Mencuci tangan menggunakan sabun pada air yang mengalir.

Menjaga jarak dengan sesama dimana saja dan tdk berkumpul atau berkerumun, Menjaga kebersihan diri, Keluarga dan lingkungan dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Apabila sakit flu yang disertai dengan batuk dan demam segerah memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan dan dianjurkan banyak beristirahat, makan yang teratur serta banyak minum air.(*)
Ananda Budiman

Berita Lain 👇