Pembudidaya Udang Vaname Di Palas Harap Bantuan Pemkab Lamsel

www.libasmalaka.com, Lamsel – Selain udang windu dan udang putih, Udang vaname yang memiliki nama latin (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu jenis udang laut yang memiliki nilai ekonomis cukup penting di Indonesia.

Dua jenis udang yang disebut adalah jenis udang asli Indonesia, sementara udang vaname bukanlah udang asli Indonesia, Udang vaname semakin banyak dibudidaya oleh para petambak udang dan menjadi primadona produksi perikanan di Indonesia.

Salah satunya penambak udang vaname, Aceng asal Dusun Bandan Purwa Desa Bandan Hurip Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan.

Selama satu tahun Aceng membudidayakan udang vaname,  sebanyak 150 ribu ekor di kolam ukuran 1000 meter persegi, Aceng pun menargetkan 1 ton perpanen dari 150 ribu ekor udang vaname yang ia budidaya.

Seperti halnya di ungkapkan Aceng saat pewarta berkunjung ke kolam miliknya di Dusun Bandan Purwa Desa Bandan Hurip, Senin (4/1/2020).

Udang vaname yang dibudidayanya menggunakan air payau, air tawar yang dicampur dengan air laut.

“Udang ini tidak bisa di air tawar dan juga tidak di air asin, udang ini harus air payau,” Ungkapnya.

Selama 1 tahun membudidaya baru panen yang ketiga ia dapat merasakan hasilnya.

“Udang ini panen nya empat kali dalam satu tahun, untuk panen yang pertama dan kedua belum dapat hasil, namun pada panen yang ketiga Alhamdulillah, kita sudah merasakan hasilnya,” ujar Aceng.

Dari panen yang di target 1 ton, ia baru mendapatkan 8 kwintal, iapun memaklumi di karenakan baru tahap belajar.

“Ya panennya kemarin itu 8 kwintal, maklum mas, baru belajar, inipun kita dapat bimbingan dari penyuluhan dan pak H. Aribun Sayunis ketua Asosiasi pengusaha cathfish Indonesia (APCI) Lampung,” Terangnya.

Diakhir ungkapanya, Aceng berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dapat membantu usaha nya, yakni membudidayakan udang vaname.

“Rencannya saya ingin buka kolam lagi, untuk ijin hukum nya kita sudah buat mas, Saya berharap kepada Pemerintah daerah Lampung Selatan agar dapat membantu kami disini,” Tutupnya. (Junaidi/Saf)

Berita Lain 👇