Cegah Dan Putuskan Mata Rantai DBD Ditengah Corona, Pemdes Palas Pasemah Semprotkan Foging

Lamsel, www.libasmalaka.com – Mencegah serta memutus mata rantai penyebaran virus dengue yang di sebarkan melalui nyamuk demam berdarah (Aedes aegypti)

Pemerintah desa Palas Pasemah Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan lakukan penyemprotan foging, Selasa (10/11/2020).

Penyemprotan yang di kawal langsung Muslim Idrus Pj Kades Palas Pasemah tersebut dilakukan di Dusun II dan penyemprotan itupun dilakukan oleh pihak pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Palas.

Usai mengawal petugas penyemprotan foging, Muslim Idrus menerangkan, Penyemprotan Foging tersebut sebagai bentuk upaya Pemdes Palas Pasemah dalam mencegah serta memutus mata rantai nyamuk Aedes aegypti didesanya.

“Setelah kita menerima adanya aduan masyarakat yang terkena demam berdarah (DBD), kita langsung ambil tindakan untuk meminta tolong kepada pihak kesehatan (Puskesmas -Red) untuk lakukan penyemprotan foging,” Terangnya.

Nyamuk Aedes aegypti merupakan jenis nyamuk yang membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah.

“Di desa kita ini ada dua warga RT 3 Dusun II yang terkena DBD, kebetulan jarak rumahnya pun hanya tiga rumah, maka dari itulah kita ambil respon cepat untuk mengindari penularan melalui nyamuk yang lebih luas lagi,” Ungkap Muslim Idrus kepada Pewarta www.libasmalaka.com dilokasi diDusun II.

Pada musim penghujan sudah mulai datang, perlunya Pemerintah desa dan masyarakat untuk mewaspadai terhadap berkembang nya nyamuk aedes aegypty, menurut Muslim Idrus nyamuk tersebut merupakan nyamuk yang bahaya yang mengakibatkan kematian.

“Untuk saat ini, Kita semprotkan diDusun II dulu, karena didusun ini sudah ada yang terkena DBD,” Ujarnya.

Mengingat keganasan penyakit demam berdarah, Muslim menghimbau kepada masyarakat untuk membantu mengurangi persebaran penyakit demam berdarah.

“Selain penyemprotan ini, masyarakat pun harus menjaga kebersihan serta dapat mengurangi adanya penyebaran aedes aegypty dengan melakukan 3M,  yakni  Menguras,  menyikat dan menutup  tempat air,”  Tandasnya

Hal serupa dikatakan, Dwi Joko Prihanto pemegang program DBD Puskesmas Kecamatan Palas, Ia menambahkan, Penyemprotan foging merupakan tindakan pencegahan atau pemutusan mata rantai nya selain itu diperlukan juga peran masyarakat untuk membantu mencegah DBD.

“Meletakan ikan hias air tawar di genangan air juga bisa mengurangi populasi nyamuk, seperti ikan gupi atau cupang dan sejenisnya merupakan ikan hias air tawar yang memakan jentik-jentik nyamuk, Tutupnya. (Junaidi/Saf)

Berita Lain 👇