Sab. Nov 28th, 2020

Kembangkan Sereh Wangi Di Candipuro, Bagus Adi Pamungkas Kordinasi Bersama Ketua HKTI Lamsel

Lamsel, www.libasmalaka.com – Usai pengukuhan Himpunan kerukunan tani (HKTI) Kecamatan Sidomulyo, Waysulan dan Candipuro beberapa waktu lalu di Desa Rawa Selapan Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan, Bagus Adi Pamungkas Kades Rawa Selapan sekaligus ketua Pac Candipuro silahturahmi dan koordinasi bersama Agus Setiawan Ketua HKTI Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (29/10/2020).

Pada kesempatan tersebut, Bagus Adi Pamungkas mengunjungi penakaran Sereh wangi milik mitra  di Desa Rajabasa Kecamatan Rajabasa.

Agus Setiawan Ketua HKTI Kabupaten Lampung Selatan menerangkan, Tanaman sereh wangi mempunyai beberapa kegunaan, salah satunya berpotensi untuk mencegah terjadinya erosi tanah dan merehabilitasi lahan-lahan kritis,

“Terutama batang dan daun bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk karena mengandung zat-zat seperti geraniol, metil heptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama sitronelal sebagai obat nyamuk semprot,” Terangnya.

Komoditi untuk minyak atsiri sereh wangi merupakan bahan alami yang mudah terurai sehingga aman terhadap lingkungan dan produk pertanian.

“Sereh wangi bisa juga dijadikan minyak urut, minyak atsiri sereh wangi, memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding dengan bahan pestisida sintetik, serta mudah dalam pengaplikasian sehingga dapat dilakukan oleh setiap orang,” Ujar Agus Setiawan saat menyampaikan Manpaat Sereh wangi kepada ketua HKTI PAC Candipuro.

Sementara Bagus Adi Pamungkas  mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Ketua HKTI Kabupaten Lampung Selatan Agus Setiawan, Dirinya mengungkapkan Selain dari silahturahmi dan koordinasi ada ilmu yang bermanfaat yang ia terima.

“Alhamdulillah, Kami mendapatkan ilmu baru tentang tanaman terutama pada tanaman Sereh wangi ini, Insya kamu juga akan kembangkan Sereh wangi ini di tempat kami,” Ungkapnya.

Masih dalam ungkapanya, Bagus Adi Pamungkas mengatakan, Dengan dilakukanya kunjungan di lokasi pembibitan Sereh wangi dengan tujuan akan turut serta di kembangkan penanaman Sereh wangi secara menyeluruh dengan metode kemitraan dari hasil bibit Sereh wangi.

“Pemanfaatan lahan tidur di kecamatan Candipuro dengan dimanfaatkan untuk menanam sereh wangi ini,” Tutupnya. (Saf)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: