Artikel,Lampung Selatan

Warga Bangunan Ungkapkan Rasa Syukur, BLT DD Untuk Usaha Warung

Lamsel, www.libasmalaka.com -Dalam Pasal 1 angka 28 Permendes tegaskan didefinisikan bahwa BLT Dana Desa (DD) adalah bantuan untuk penduduk miskin yang bersumberkan dari DD, Salah satu tujuan utama dari program ini adalah membantu masyarakat miskin untuk tetap memenuhi kebutuhan hariannya.

Hal itu membuat Sumaryati (40) dan Endang (40) warga Dusun V Desa Bangunan Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan bersyukur atas diberikanya BLT DD oleh Pemerintah desa setempat.

Kedua warga tersebut telah menerima bantuan yang telah diprogramkan oleh Pemerintah Pusat melalui Pemerintah desa sebagai warga terdampak pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah mas, Saya masuk kedalam daptar penerima BLT DD, Saya terima Rp. 600 ribu dari bank BRI, Ungkap Sumaryati kepada pewarta, Selasa (13/10/2020).

Dari BLT DD, Sumaryati gunakan untuk membuka usaha warung makanan dilokasi yang tidak jauh dari kediamanya.

“Saya pribadi mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah desa terutama kepada pak Isnaini sebagai kades yang telah memperhatikan kami, Uang BLT DD kita pakai buat jualan mas, maklum mas, untuk membiayai anak-anak saya, karena suami saya sudah tidak ada lagi,” Tuturnya.

Ungkapan yang sama dikatakan Endang kepada pewarta, Melalui Dana BLT yang ia dapat pun digunakan untuk usaha warungan.

“Saya juga ucapkan banyak terimakasih kepada pak Isnaini Kades kita, Saya sudah bingung cari uang kemana lagi karena saya tidak punya usaha waktu itu, ditambah ada Corona saya tambah bingung, sudah gitu suami saya sedang sakit, apa lagi dia (suami -Red) sering cuci darah, Suami saya sudah tidak bisa bekerja seperti biasanya,” Lirih Endang.

Terpisah, Isnaini Kades Bangunan mengatakan, Prioritas pemberian BLT DD dan Bansos Covid-19 adalah masyarakat kecil, masyarakat yang tidak memiliki usaha seperti Sumaryati dan Endang.

“Tujuan BLT dan Bansos diberikan yakni untuk membantu masyarakat yang tidak memiliki usaha, Kita Pemerintah desa telah berupaya semaksimal mungkin untuk memasukan data masyarakat kita terutama masyarakat yang kurang mampu, tapi di karenakan terbentur nya kuota maka ada juga masyarakat kita yang tidak mendapatkanya,” Katanya.

Masih kata Isnaini, BLT DD tahap II sebesar Rp. 300 ribu akan digulirkan kepada masyarakat melalui Bank BRI, Namun untuk Tahap III masih melihat sisa pagu DD.

“Untuk BLT DD tahap I sudah digulirkan besarannya Rp 600 ribu per KPM, dan tahap II besaranya 300 ribu akan di gulirkan kembali kepada masyarakat, dan untuk tambahan BLT DD tahap III kita masih lihat pagu DD nya, kemungkinan untuk tahap III nanti kita hanya mampu satu bulan saja, yah kita lihat lah pagu DD kita nanti,” Pungkasnya.(saf)

raja saf

Kaperwil daratan Sumatra lampung

Berita Lain 👇

Tinggalkan Balasan