18 April 2024

Pembangunan Sebelas Embung Di Kecamatan Io Kufeu Efektif Dan Membantu Rakyat

0
Spread the love

libasmalaka.com- Pembangunan sebanyak sebelas embung di wilayah Kecamatan Io Kufeu – Kabupaten Malaka – Provinsi NTT sangat efektif dan membantu rakyat.

Pembangunan embung-embung selain untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga juga sebagai upaya pemerintah Daerah Kabupaten Malaka untuk mendekatkan air bagi warga.

Demikian disampaikan oleh Camat Io Kufeu, Lorens Seran kepada wartawan di Tunabesi – Kecamatan Io Kufeu – Kabupaten Malaka – Provinsi NTT, Minggu (23/8-2020).

Menurut Camat Lorens sejak program pembangunan embung dicanangkan pemerintah, rakyat di Io Kufeu dapat memanfaatkan potensi air itu untuk semua kebutuhan warga.

” Embung Tunabesi terletak di wilayah dusun Nefonaifui sangat membantu rakyat di lima dusun yang bermukim disekitar lokasi embung yaitu dusun Nefonaifui AB ,dusun Netbaun, dusun Taboar dan dusun Babrete

Lanjut lairens, Embung ini baru dibangun tahun 2019 menggunakan dana desa tetapi rakyat sekitar embung sudah memanfaatkannya untuk aneka kebutuhan seperti minum ternak, campuran material untuk bangun rumah dan aneka kebutuhan warga lainnya”

”Pada Tahun 2019 curah hujannya sanggat kurang sehingga pengisian airnya tidak optimal dan tidak meluber keluar areal embung melalui saluran pembuangan”

” Waktu hujan tahun ini embung itu tidak penuh dan diharapkan tahun depan sudah bisa optimal”

” Diharapkan tahun ini embung ini bisa dilakukan pemadatan lagi supaya bisa tahan air, bila perlu dengan sistim karpet agar tidak banyak merenbes”

” Walau embung ini baru dikerjakan namun nilai guna embung ini sangat tinggi. Warga disekitar lokasi embung memanfaatkan potensi air disini untuk membangun rumah baru atau merenovasi rumah karena mudah mengakses air”

” Embung Tunabesi tangkapan airnya sangat bagus sehingga bila airnya optimal sangat membantu warga untuk aneka kebutuhan termasuk untuk budidaya tanaman hortikultura”

” Beberapa embung yang dibangun menyebar pada beberapa desa di Kecamatan Io Kufeu nilai gunanya sangat tinggi karena sangat membantu rakyat”

” Dalam setiap rapat koordinasi dengan para kepala desa kita meminta supaya embung-embung yang sudah dibangun agar dipelihara supaya tetap bermanfaat untuk rakyat”

” Khusus untuk embung Tunabesi, Pemerintah Desa sudah membuka akses jalan ke lokasi embung sehingga memudahkan rakyat mengambil air untuk aneka kebutuhan sehari-hari .ucap Camat Laurens. (bagas-ananda)

About Post Author

Tinggalkan Balasan