Bupati Malaka Hadiri Misa HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Paroki Kamanasa

0
Spread the love

libasmalaka.com- Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran bersama Forkopimda Kabupaten Malaka, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malaka dan Pimpinan Perangkat Daerah mengikuti Misa Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di Paroki Kristus Raja Kamanasa, Minggu (16/8).

Perayaan Ekaristi dipimpin langsung Pastor Paroki Kamanasa Pater Ande Hane, SVD dan dimeriahkan koor inti Paroki.

Dalam kata pembukaannya, Pater Ande mengungkapkan bahwa kita harus bersyukur bersama karya Allah dan pendampingan Allah kepada bangsa kita Indonesia yang sepanjang 75 tahun sudah dilewati.

“Banyak sekali peristiwa yang terjadi sepanjang 75 tahun yang dialami warga bangsa ini. Semua peristiwa itu telah membentuk hidup dan kepribadian bangsa kita,” katanya.

Ditambahkan Pater Ande, perjalanan bangsa Indonesia yang begitu panjang harus menjadi refleksi untuk umat katolik untuk menjadi warga bangsa yang baik dan bertanggung jawab mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih.

Sementara itu dalam homilinya, Pater Ande mengutip dari Kitab Putra Sirakh yang memberikan bermacam-macam nasehat bagi para pemimpin yang hendaknya penuh tanggung jawab dalam menunaikan tugas pemerintahan, karena apa yang mereka lakukan, mudah sekali ditiru oleh rakyat.

“Pemimpin harus mendasarkan pemerintahannya pada Tuhan, sehingga tercipta masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. Karena tidak ada satu pemerintah pun yang yang tidak berasal dari Tuhan,” tegasnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa Kitab Suci Perjanjian Baru dengan sangat gamblang membeberkan tentang hak pemerintah dan hak Allah.

“Berikanlah kepada kaisar apa yang menjadi hak kaisar dan kepada Allah apa yang menjadi hak Allah,” ungkapnya.

Perayaan Ekaristi ini juga dihadiri umat paroki setempat dan di bawah tema Merdeka Dalam Relasi yang Harmonis Antara Rakyat dan Pemimpin(HK-Ananda)

About Post Author

Tinggalkan Balasan