2021 TPA Sampah Menjadi Prioritas, Pemdes Negeri Pandan Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Sampah

Lamsel, www.libasmalaka.com –  Agar menjadikan lingkungan yang sehat bersih dari sampah, Warga Dusun I dan Dusun III bersama Pemerintah desa (Pemdes) Negeri Pandan Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan lakukan gotong royong bersihkan sampah, Jumat (24/7/2020).

Dari pantauan pewarta di lokasi Dusun I desa setempat, warga dari kedua dusun saling bahu membahu membersihkan sampah yang akan di angkut menggunakan kendaraan cold diesel, Tampak Suplimansyah Kepala desa (Kades) Negeri Pandan, beserta Kepala dusun (Kadus) dari Dusun I dan Dusun III ikut membaur lakukan bersih-bersih sampah tersebut.

Nurdin Usman Kadus I saat dihampiri pewarta mengatakan, Dirinya selaku aparatur desa telah dihimbau oleh Kepala desa (Kades) untuk mengajak warga melakukan gotong royong bersihkan sampah.

“Di dalam rapat kita telah diimbau untuk membersihkan sampah ini, maka dari itu kita ajak warga untuk gotong royong, membersihkan dan mengangkut sampah ini ke mobil yang nantinya akan di buang di TPA Kabupaten Lampung Selatan, Rencananya 3 atau 4 hari kita angkut sampah ini, dan akan dibuatkan tempatnya agar tidak berserakan,” Ungkapnya.

Terpisah, Suplimansyah Kades Negeri Pandan  Menjelaskan dilakukanya gotong royong bersihkan sampah yang berada dilokasi pembuangan sampah di Dusun I.

“Dengan adanya sampah yang berserakan seperti ini terlihat tidak enak di pandang dan juga tidak enak terciumnya, maka dari itulah kita sebagai Pemdes mengajak warga untuk gotong royong bersihkan sampah yang ada di pembuangan ini,” Tuturnya

Pemdes Negeri Pandan memprioritaskan pembuangan sampah pada anggaran pembangunan desa APBDes tahun 2021.

“Untuk saat ini memang kita belum bisa menganggarkan untuk membuat Tempat pembuangan sampah akhir (TPA) karena terbentur oleh Corona, nanti kita musyawarahkan kembali bersama warga, dan akan menjadi prioritas kita,” Terangnya.

Suplimansyah menghimbau kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami Pemdes berharap kepada warga untuk tidak membuang sampah pada saluran air, atau membuang sampah sembarangan, karena jika itu masih dilakukan maka kita sendirilah yang rugi, coba jika buang sampah tidak di tempatnya seperti kita lihat ada genangan air yang isinya sampah, dan juga sampah melebar ke luar tempatnya, kan terlihat jorok dan bau siapa coba yang rugi, yah kita semua ini, Tolonglah kesadaranya kepada warga untuk tidak membuang sampahnya sembarangan,” Imbau Suplimansyah Kades Negeri Pandan.

Diakhir ungkapanya, Suplimansyah mengatakan, Tempat pembuang sampah akan dibuat setiap dusun berupa kotak persegi, jika ada warga di setiap dusun yang tanahnya siap dijadikan pembuangan sampah,

“Saya telah perintahkan ke setiap Kadus untuk mencari warga yang tanahnya siap dijadikan pembuangan sampah, Nantinya kita akan bangun tempat sampah di setiap dusun dan akan diangkut ke TPA Kabupaten Lampung Selatan setiap 3 atau 4 hari, untuk dananya sementara akan kita usahakan karena di tahun ini di Pemdes tidak ada anggaranya,” Pungkasnya. (Saf)

Berita Lain 👇