20 April 2024

SBS. Dengan Rembuk Stunting Permasalahan Stunting Di Malaka Bisa Ditekan

0
Spread the love

Malaka.libasmalaka.com-Tokoh agama, camat, dinas teknis Mengupas tuntas persoalan stunting.
Pasalnya, sampai saat ini stunting masih tinggi di Kabupaten Malaka sehingga diharapkan dari

Rembuk Stunting ini kedepan permasalahan stunting di daerah ini bisa ditekan seminimal mungkin.

hal ini di sampaikan Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH usai membuka kegiatan Rembuk Stunting Tahun 2020 di Kantor bupati Malaka, Kamis (25/6/2020).

Menurut Bupati Malaka SBS  sapaan akrabnya Stunting di daerah ini masih cukup tinggi.  Alasan Stunting tinggi karena pola asuh yang kurang bagus.

“Sesuai persyaratan kesehatan, untuk memastikan tingkat pertumbuhan bayi itu bagus maka sejak bayi lahir maka enam bulan harus diberikan ASI scara eksklusif.

Lanjut SBS,Kondisi yang kerap terjadi
saat bayi lahir apalagi ibu bayi bekerja maka perhatian semakin minim. ASI eksklusif selama enam bulan jarang diperhatikan.

“Waktu bayi lahir enam bulan berjalan ibunya  pergi kerja sehingga bayi dititip pada neneknya. Karena itu jelas di daerah ini Stunting tinggi. Soal makanan sangat layak dikonsumsi karena daerah Malaka cukup subur,” kata SBS.

Imbuh SBS “kesulitan yang dialami pemerintah adalah tidak bisa membantu kepala keluarga (KK) apabila pasutri belum menikah. Ada pasutri yang masih tinggal menumpang dengan orangtuanya.

“Ada pasutri yang belum menikah setelah punya anak bapak tidak bertanggung jawab. Bagaimana pemerintah bantu kalau administrasi kependudukan belum punya. Pemerintah buat program dengab bantuan maka harus ada Kartu Penduduk sah,” jelas SBS.

Bupati SBS berharap dari rembuk stunting ini, para elemen terkait dapat menerima masukan dari tim provinsi sehingga menjadi agen di masyarakat.

“Para tokoh agama, para camat, dan pejabat sektor terkait menjadi agen untuk  sosialisasikan ke warga. Saya yakin dengan kerjasama semua elemen, stunting yang masih tinggi di Malaka bisa ditekan seminimal mungkin,” pesan SBS.(ananda)

About Post Author

Tinggalkan Balasan