Bentuk Pelayanan Pemdes Bumi Asih Kepada Warga, Poniran Kawal KPM BLT Kemensos

Lampung Selatan, www.libasmalaka.com – Ratusan warga dari beberapa desa di Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan berdatangan dan memadati kantor PT POS di Desa Bangunan Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan untuk mendapatkan BLT sebesar Rp 600 ribu.

Salah satu Warga desa diKecamatan Palas mendapatkan BLT yakni warga Desa Bumi Asih, warga desa tersebut rela menunggu untuk mendapatkan panggilan dari petugas dengan membawa surat keterangan sebagai syarat penerima bantuan.

Dari pantauan pewarta tampak Kepala desa (Kades) Bumi Asih Poniran beserta Aparatur kawal warga sebagai Keluarga penerima manpaat  (KPM) BLT Kemensos, Jumat (22/05/2020).

Poniran mengatakan, Pihaknya selaku Pemerintah desa (Pemdes) sengaja hadir dalam pemberian BLT tersebut merupakan suatu bentuk pelayanan Pemdes Bumiasih
Kepada warga.

“Sengaja kami kawal warga kami disini, kami juga tidak ingin warga kami yang mencari kami karena ada kesalahan dalam penulisan nomor Nik KTP dengan KK dan adanya kesalahan Nik pada surat undangan yang diberikan kepada KPM,” Katanya.

Poniran juga mengatakan, Adanya KPM BLT Kemensos berusia lanjut yang mendapatkan undangan untuk mengambil dana sebesar Rp 600 ribu.

“Selain adanya kesalahan penulisan Nik, ada juga KPM yang tidak bisa mengambil dana BLT yang kemudian diwakilkan oleh salah satu keluarganya terutama KPM yang berusia lanjut dan jompo ataupun sakit tentunya diwakili dan yang mewakili diwajibkan membuat surat Kuasa dari Pemdes setempat,” Ujarnya.

Hal itu Pemdes Bumi Asih berkewajiban mengawal warganya agar warga sebagai KPM BLT Kemensos tidak lagi kembali ke desa untuk mencari Kades dan aparatur untuk membuat surat kuasa pengambilan dana.

“Sengaja juga kami hadir disini sembari membawa peralatan kerja kami berupa laptop dan mesin printer jika kedapatan warga yang diharuskan membuat surat kuasa kami langsung buat disini, jadi warga tidak mencari kami diDesa,” Imbuhnya.

Poniran berharap kepada warga yang belum mendapatkan BLT Kemensos agar tidak kecewa karena masih ada BLT dana desa (DD).

“Kami berharap kepada warga yang telah mendapatkan dana BLT agar digunakan semestinya dan semoga bermanfaat, Untuk warga yang belum mendapatkan BLT Kemensos jangan khawatir karena ada BLT DD yang juga akan diberikan kepada warga, terus jika ada warga yang juga belum mendapatkan BLT DD kami berharap jangan kecewa karena kami sudah bekerja keras mendata warga yang khususnya warga yang kurang mampu, Data itu kami setorkan kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah yang kemudian di verifikasi dan validasi,” Harapnya.

Diakhir ucapan, Poniran menerangkan jumlah warga yang telah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat, Daerah dan Pemerintah desa.

“Untuk warga sebagai KPM BLT Kemensos ada 104 KK, APBD 10 KK BLT DD 59 KK Sementara untuk PKH 80 KPM dan BPNT 21KPM,” Pungkasnya.  (Saf)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: