19 April 2024

Deken Malaka Minta Maaf Kepada Keempat  Wartawan Dan Pihak Yang Dirugikan.

0
Spread the love

Malaka — Deken Malaka meminta maaf kepada keempat wartawan dan pihak-pihak yang telah dirugikan dengan pemberitaan tersebut, akiibat pengutipan pernyataannya secara keliru oleh wartawan yang tidak bertanggung jawab

Hal inj dikatakan oleh Rm. Edmundus Sako, Pr di Dekenat Malaka di Betun, Jumat malam (15/05/2020), saat menjawab somasi 4 wartawan yang bertugas di Malaka, yang dilayangkan kepada dirinya Kamis pagi (14/05/2020).

Deken Malaka, Rm. Edmundus Sako, Pr
menegaskan bahwa dirinya tidak pernah mengeluarkan pernyataan yang dikutip dan ditulis media online obor-nusantara.com, Selasa, 12 Mei 2020, yang berbunyi:

“Saya meminta wartawan tolong kawal ini, termasuk kunjungan bupati ke desa-desa, jangan sampai kamu juga sudah dibeli oleh pemda seperti wartawan di Malaka, jadi mereka tidak menulis hal tidak baik”.

Menurut Deken, dirinya tidak pernah mengatakan hal tersebut dan menduga bahwa pernyataan tersebut adalah pernyataan pribadi wartawan yang menulis berita tersebut dan wartawan tersebut harus mempertanggung jawabkan dengan pernyataan,

“Bahwa saya tidak mengatakan wartawan Malaka sudah dibeli Pemda. Itu pernyataan wartawan secara pribadi. Itu opini dia dan dia harus minta maaf atas kesalahan dimaksud. Jika tidak diindahkan akan ditempuh melalui  jalur hukum sesuai ketentuan yang berlaku”, ujar Deken.

Menanggapi pernyataan Romo Edmundus tersebut, keempat wartawan mengaku puas dan meminta Romo untuk segera melayangkan klarifikasi tersebut kepada media online yang telah mempublikasikan berita tersebut.

“Kami sudah dengar sendiri penjelasan dari Romo Deken dan kami memaklumi itu. Kami juga minta maaf jika cara yang kami tempuh kurang sopan dalam tatanan etika. Tetapi kami yakin bahwa cara yang kami tempuh (Somasi) ini sudah sesuai norma kami sebagai jurnalis dan kami juga yakin bahwa dengan cara ini kami bisa mengungkap kebenaran”, ujar Yohanes Germanus Seran, Pemred Nusantara9.com, salah satu dari 4 wartawan yang mengirimkan somasi tersebut.

Selain menjawab somasi 4 wartawan, Deken Malaka, Rm. Edmundus Sako, Pr juga memberikkan penjelasan atas beberapa hal, yang menurutnya, tidak pernah dia sampaikan tetapi ditulis seolah-olah itu pernyataannya.(red/Jgr)

About Post Author

Tinggalkan Balasan