18 April 2024

Di Desa Kunjir, BPBD Lampung Selatan Berikan Pengetahuan Penanggulangan Bencana

Spread the love

Lampung LAMPUNG, www.libasmalaka.com –  Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, institusi ataupun masyarakat, Terutama pada peningkatan SDM penanggulangan bencana, Hal itulah BPBD Kabupaten Lampung Selatan gelar Pelatihan Dasar Satgas Penanggulangan Bencana.

Kegiatan tersebut dipusatkan di lapangan Limboenk Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan, dihadiri oleh Kepala Desa Kunjir Rio Imanda,SH,MH beserta aparatur, Sekcam Rajabasa Drs. Komaruddin mewakili Sabtudin Camat Rajabasa. Kamis (21/11/2019).

Acara itupun dibuka oleh Drs.H.Darmawan Kalak BPBD Kabupaten Lampung Selatan, namun sebelumnya ia menyampaikan, Kegiatan yang dilaksanakan pihaknya telah dilaksanakan juga dibeberapa Kecamatan yang berada diKabupaten Lampung Selatan.

“Dengan anggaran yang terbatas kegiatan sosialisasi ini tidak semua desa, bersyukur didesa Kunjir ini kita bisa melaksanakanya,” Ungkap Drs.H.Darmawan Kalak BPBD Kabupaten Lampung Selatan,

Masih dalam ungkapanya, Ia mengatakan, Bencana alam pada 22 Desember 2018 lalu, merupakan sebuah pelajaran bagi masyarakat seluruh nya terutama masyarakat yang terkena bencana tersebut, menurut nya masyarakat harus memiliki pengetahuan penanggulangan bencana terutama dari segi tekhnis dilapangan dan segi tanggap .

“Potensi bencana didaerah kita ini sangat banyak oleh karena itu kita harus selalu tetap siaga jika terjadi bencana lagi, Dibutuhkan kerjasama diantara kita karena kita sudah tau kekurangan kewaspadaan kita,” Katanya.

Ia berharap, Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan BPBD Lampung Selatan dapat menambah pengetahuan bagi masyarakat.

“Menurut para ahli, Daerah kita banyak lempengan – lempengan yang akan memicu potensi bencana, Atas hal tersebut paling tidak dengan adanya sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan kita,” Imbuhnya.

Lanjutnya, Wahyu Hidayat Kabid Pencegahan dan kesiap siaga BPBD Wahyu Hidayat menerangkan tujuan dari kegiatan yang dilakukanya ialah untuk meningkatkan kesiap siagaan Aparatur Desa dan Masyarakat. amun pelatihan kali ini lebih didorong ke Satgas PB.

” Pelatihan kali ini lebih didorong kepada Satuan tugas (Satgas) penanggulangan bencana, walaupun belum jadi satgas sesungguhnya, tapi ini embrio satgas yang kita harapkan bisa menjadi satgas penanggulangan bencana tingkat desa.”Ujarnya

Sementara Komaruddin SekCam Rajabasa dalam penyampaianya mengatakan, Kegiatan yang dilaksanakan oleh BPBD Lampung Selatan adalah kegiatan yang menurutnya sangat penting.

“Saya sangat berterima kasih dan tentunya saya menyambut baik kegiatan ini, Alhamdulillah Kecamatan ini terpilih untuk mengadakan pelatihan seperti ini,  Harapan saya kepada pihak yang memberikan sosialisasi  agar dapat memberikan ilmu pengetahuanya kepada masyarakat,” Harap

menyambut baik acara ini.Terima kasih karena kecamatan kami salah satu yang dipilih untuk mangadakan pelatihan seperti ini.”

Hal senada disampaikan oleh Rio Imanda,SH.MH Kepala Desa Kunjir, Rio Imanda berharap kepada peserta agar dapat mengikuti dengan cermat dan baik.

“Harapan saya kepada peserta agar dapat mendengarkan apa yang di arahkan oleh narasumber, pelajari dengan cermat karena pelatihan ini sangat penting bagi kita apa lagi kita pernah ditimpah bencana,” Tutupnya. (Nm/Saf)

About Post Author