20 April 2024

Inginkan Masyarakat Sehat, Pemdes Kerinjing Programkan Pengobatan Gratis

Spread the love

Lamsei LAMPUNG, www.libasmalaka.com – Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayan kesehatan didesa, Pemerintah desa Kerinjing Kecamatan Rajabasa menugaskan Perawat desa untuk siaga melayani masyarakatnya.

Dengan tugas yang diberikan tersebut, Perawat desa Kerinjing Peri Gunawan, Amd.Kep. menerima dan menjankan perintah tersebut sesuai Tupoksinya.

Dari Pantau pewarta dilapangan, Tampak beberapa warga dari dua dusun berusia lanjut (tua-Red) mendatangi balai desa setempat untuk mengecek kesahatan dan adapula yang memang berobat, Sabtu (16/11/2019).

Satu persatu warga dicek kesehatanya dan diberikan obat oleh perawat desa, Pengecekan kesehatan dan pengobatan yang diakukan perawat desa kepada warga tidak dipungut biaya atau gratis.

Peri Gunawan, Amd.Kep, Perawat desa Kerinjing sekaligus Ketua Perawat desa seKabupaten Lampung Selatan, usai memberikan pelayanan, Dirinya menerangkan kepada pewarta media ini bahwa, Pelayanan yang ia lakukan merupakan tugas dan tanggung jawabnya serta Pemerintah desa setempatpun memerintahkanya untuk siaga melayani masyarakat.

Masih dalam keteranganya, Dikarenakan Pemdes Kerinjing telah menganggarkan melalui APBdes maka Pengecekan kesehatan sekaligus pengobatan itupun masyarakat tidak diperkenankan bayaran atau gratis.

“Pengobatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu, Alhamdulillah masyarakatpun sangat senang dengan program desa ini, Mereka dicek kesehatan dan ada juga yang memang berobat, Mereka tidak dpungut bayaran walaupun mereka diberikan obat oleh saya mereka tetap gratis, karena obatnya sudah danai oleh Pemdes ini termasuk insentif sayapun didanai oleh Pemdes Kerinjing ini,” Terangnya.

Satim Kepala desa Kerinjing mengungkapkan, Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya dan pemberdayaan masyarakat tentang kesehatan, Pihaknya selaku Pemerintah desa merasa berkewajiban memantau kesehatan pada masyrakatnya.

“Atas dasar itulah kami selaku Pemerintah desa berusaha semaksimal mungkin untuk selalu mengontrol kesehatan pada masyarakat, Kitakan punya Perawat desa, jadi perwat desa itulah saya tugaskan disini untuk mengecek kesehatan masyarakat yang ada didua dusun, Kita anggarkan melalui dana desa (DD) untuk insitif perawat desa sebesar RP 1.100.000,” Ungkapnya.

Selain pengecekan kesehatan, Pemerintah Kerinjing memprogramkan Pengobatan gratis kepada masyarakat.

“Selain menganggarkan insentif Perawat desa, Desa kita juga memiliki program pengobatan gratis untuk masyarakat, dan untuk biaya obat – obatanya, serta honor tim pelaksanan kegiatan tersebut kita juga anggarkan di DD sebesar Rp 17.000.000 untuk tahun 2019 ini,” Terang Satim Kades Kerinjing diruang kerjanya.

Satim berharap dengan adanya kegiatan yang telah di programkan pihaknya dapat bermanpaat untuk masryarakat.

“Kita laksanakan program ini dari bulan April sampai Desember tahun 2019, dan untuk tahun depan nanti kita rapatkan kembali, Saya berharap dengan program ini masyarakat dapat merasakan manpaatnya.,” Tutup Satim. (Saf)

About Post Author