22 Juni 2024

Usulan Masyarakat Yang Belum Diprioritaskan Pada Pembangunan Desa, Hermansyah Berharap Masyarakat Bersabar

Spread the love

Lamsel LAMPUNG, www.libasmalaka.com – Forum musyawarah tahunan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes), Pemerintah Desa Rajabasa Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan Selenggarakan MusrenbangDes, Kamis (14/11/2019).

MusrenbangDes yang diselenggarakan di Kantor desa setempat dihadiri Kades Rajabasa Hermansyah, Sekcam Rajabasa Drs.Komarudin, Ketua BPD Raden Permata, Sekdes Rajabasa Munir, Kasi pemerintahan Kecamatan Rajabasa Sugeng, Babinsa Desa Rajabasa Koptu Mukmin, Pendamping desa (PD) Marwan. S, Aparatur dan BPD serta para tokoh, Tokoh Agama,  Tokoh Masyarakat Desa Rajabasa.

Pada MusrenbangDes Rajabasa, Sekcam Rajabasa, DRS, Komaruddin menerangkan pentingnya forum tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah desa itu sendiri yang menurutnya Musyawarah tahunan bertujuan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes), oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Rajabasa.

Apa saja yang menjadi usulan masyarakat pada Musyawarah dusun dicatat lalu dirangkum hingga mendapatkan pembangunan yang menjadi prioritas oleh tim yang dibentuk Pemdes, Dengan harapan Pemdes dapat melaksanakan dan menjalankan Pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat.

Dalam pembangunan yang akan dijalankan oleh Pemdes Rajabasa, Komaruddin mengajak kepada seluruh aparatur desa dan masyarakat untuk membangun kepribadian ataupun mental dengan tujuan jika terbangunnya keperibadian yang baik maka Pembangunan pisik ataupun pemberdayaan yang dibangun oleh pemerintah desa akan menjadi lebih baik lagi.

“”Kita tidak perlu bangga kalau pembangunan infrastruktur dan pembangunan gedung yang dibangun terlihat baik oleh kita namun ketika hatinya atau jiwa manusianya tidak dibangun maka Pembangunan tersebut akan terlihat baik, maka dari itu saya mengajak kepada semua untuk membangun dan merubah paradigma yang tidak baik agar pembangunan yang dilaksanakan akan menjadi lebih baik lagi, kami juga berharap Pemdes dapat menjalankan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, Himbaunya.

Dari pemaparan yang disampaikan dapat digaris bawahi bahwa program dan kegiatan tahun anggaran 2020 kedepan bahwa skala prioritas pembangunan lebih mengedepankan dalam pembangunan manusia serta dibilang kesehatan, Sekcam Rajabasa berharap Pemdes Rajabasa dapat memprioritas penanggulangan masalah stunting.

Terpisah usai MusrenbangDes, Kades Rajabasa Hermansyah diruang kerjanya mengungkapkan inti apa yang disampaikan oleh diacara tersebut,

Dalam ungkapanya, Hermansyah menerangkan program prioritas anggaran pembangunan dana desa (DD) tahun 2020  diantaranya gedung terpadu, Dreinase, Rabat Beton, Air bersih, Adapun usulan -usulan yang disampaikan oleh masyarakat melalui Musdus tidak semuanya terlaksana menurutny Pihak Pemdes akan mendahulukan yang lebih penting lagi atau yang menjadi prioritas.

“Sebab ini adalah program yang harus di dahulukan sesuai kebutuhan masyarakat, Adapun usulan yang belum terlaksana akan kita lanjutkan ditahun berikutnya, Bila semua usulan harus di laksanakan ditahun 2020 semua, anggaranya tidak mungkin tercukupi,” Katanya.

Lanjutnya, Hermansyah berharap Pembangunan yang akan dilaksanakan Pemerintahanya mendapatkan dukungan dan doa dari masyarakat agar pembangunan tersebut berjalan dengan baik.

“Mudah – mudahan pembangunan di tahun depan akan terealisasi sesuai rencana, Kita juga berencana membeli lahan untuk PAUD, TPA, dan prasarana olahraga, kita juga akan adakan pemberdayaan ibu-ibu sulam Tapis, Tata boga dan untuk kepemudaan juga kita akan perdamaian hingga kedepanya para pemuda menjadi Pemuda yang kreatif,” Tutupnya.  (Aden/Saf)

About Post Author