21 Juni 2024

Perencanaan Pembangunan Dan Perangkuman Prioritas Pembangunan Desa, Desa Cugung Gelar MusrenbangDes

Spread the love

Lamsel LAMPUNG, www.libasmalaka.com – Guna menampung usul-usan masyarakat pada musyawarah dusun yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu diDesa Cugung Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan serta merangkum usulan tersebut yang kemudian akan diprioritaskan pelaksanaanya oleh Pemerintah desa (Pemdes).

Pemdes Cugung gelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSRENBANGDes), acara digelar di Majlis Ta’lim Al-hidayah desa setempat, Acara itupun dihadiri,
Drs Komarudin Sekcam Rajabasa, Syarifudin Ali Kades Cugung beserta aparatur, Perdinan, SH, MM. Kasi Ekobang, Sugeng Kasi Pemerintahan Kecamatan Rajabasa, M.Suro,ST PDT Kecamatan Rajabasa, acara juga diikuti, LPM, Karang Taruna, Bidan desa, PKK, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat, Rabu (06/11/2019).

Drs Komarudin Sekcam Rajabasa pada sambutannya menerangkan pentingnya MusrenbangDes di laksanakan disetiap desa termasuk Desa Cugung.

Selain menerangkan pentingnya MusrenbangDes, Komarudin menyampaikan pentingnya membangun mental individu pada masyarakat.

“Dalam MusrenbangDes pastinya kita menginginkan desa ini berubah, baik pembangunan pisik ataupun manusianya, karena kita tidak perlu bangga kalau Rabat beton ataupun ada pembangunan gedung yang dibangun ketika hatinya atau jiwa manusianya tidak dibangun sedih juga kita, Ini bukan saja tanggung jawab para ulama dan tokoh agama saja, ini tanggung jawab kita semua, maka kita tidak perlu bangga dengan pembangunan pisik kalau kita sendiri tidak mengedepankan pembangunan manusia yang di artikan bahwa pembangunan manusia untuk pemberdayaan dan sumber daya manusia yang menjadi pintu utama untuk majunya desa,” Ujarnya.

Sementara Kasi Ekobang Perdinan dan Kasi Pemerintahan Sugeng dan PDT Kecamatan Rajabasa, M.Suro,ST  memaparkan maksud dan tujuan dari musyawarah tersebut,

Dari pemaparan yang disampaikan Ketiganya dapat digaris bawahi bahwa program dan kegiatan tahun anggaran 2020 kedepan bahwa skala prioritas pembangunan lebih mengedepankan dalam pembangunan manusia serta prioritas penanggulangan masalah stunting.

Menutup sambutan dan musyawarah Kepala desa Cugung Syafrudin ali memaparkan beberapa bidang prioritas kedepan diantaranya untuk :

Pengadaan lahan bangunan paud dan posyandu.

Penyelesaian STBM  Pilar pertama.

Pembangunan dan pengelolaan air bersih.

Pembangunan dan pengelolaan sampah.

Peningkatan dan pelatuhan sumber daya manusia.

Penyediaan sarana internet desa

Penanganan STUNTING.

Dalam kegiatan ini seluruh usulan kegiatan desa dari seluruh bidang tertampung dan akan di berikan peringkat atau perangkingan khusunya yang di laksanakan oleh tim 11 (sebelas) yang di ambil dan di bentuk dari keterwakilan aparatur desa, LPM, PKK dan perwakilan dusun, sebagai tim perumus usulan.

Terpisah, Syarifudin Ali Kepala desa Cugung berharap Usai MusrenbangDes Masyarakat turut mendukung pembangunan yang nantinya akan dilaksanakan pada tahun 2020.

“Hasil dari MusrebangDes ini nantinya akan kita bawa ke Musrenbangcam seterusnya kita akan laksanakan pembangunanya ditahun depan, namun saya meminta dukungan dan doa dari masyarakat untuk melaksanakanya, Tadi juga ada yang membahas masalah pembuangan sampah (TPA), kita juga akan memprioritaskan masalah itu akan tetapi kita juga memerlukan lahannya, Kalau memang ada masyarakat yang siap mengajukan lahannya untuk TPA kita akan beli lahan itu pastinya juga kita prioritaskan masalah sampah,” Pungkasnya.  (Saf)

About Post Author