19 April 2024

Usai Prukades Angkatan VIII, Rio Amanda Harapkan Adanya Kerjasama Antara Lembaga Desa Dan Pemdes

Spread the love

Lamsel LAMPUNG, www.libasmalaka.com – Usai pelatihan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) Angkatan VIII, yang digelar oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat (BBPLM) Jakarta selama 5 hari sejak Jumat (25/10/2019) –  Selasa (29/10/2019).

Kepala desa (Kades) Kunjir Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan, Rio Amanda, SH, MH. Berikan apresiasi Kepada seluruh pelatih dan Panitia BBPLM Jakarta.

“Alhamdulillah, Saya selaku Kades didesa ini sangat senang dan sayapun mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan BBPLM Jakarta, Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat bermanpaat bagi kita semua terutama bagi peserta yang mengikuti kegiatan Prukades,” Ungkap Kades Kunjir Rio Amanda saat temu wicara bersama pewarta usai Prukades, Selasa (29/10/2019)

Dengan adanya Prukades yang dilaksanakan di aula kantor Desa Kunjir, Rio Amanda mengatakan, Kegiatan tersebut diharapkan dapat merubah Mindset para pelaku usaha didesanya, Riopun kembali berharap para pelaku usaha dapat bekerjasama dengan pemerintah desa hingga terjalin sinkronisasi antara Pemerintah desa dengan pelaku usaha dalam hali ini adalah lembaga yang berada didesa.

“Sayapun sangat mendukung dan mensuport kegiatan Prukades ini, Semoga saja dengan Kegiatan ini dapat merubah Mindset para pelaku usaha yaitu terdiri dari Bumdes, BPD, Pokdarwis, Karang Taruna, setalah itu para lembaga didesa dapat bekerja sama secara singkron, sejalan dengan Pemerintah desa, tidak seperti berdiri sendiri-sendiri,” Katanya.

Adanya keharmonisan dan sinkronisasi serta kerjasama yang baik antara pemerintah desa dan lembaga yang berada didesa dapat merubah desa yang lebih baik lagi.

“Dan juga setelah Prukades ini jangan sampai Bumdes merasa berdiri dikakinya sendiri, begitu juga BPD jangan beranggapan berdiri dikakinya sendiri hingga tidak ada komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah desa, padahal pada hakekatnya lembaga-lembaga ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pada badan Pemerintahan desa, yang dimana kegiatan mereka bersumber dari dana desa lalu diaplikasikan melalui kegiatan mereka, Harapan kita Kegiatan Prukades dapat mengikis ego-ego para pengurus lembaga-lembaga tersebut hingga nantinya dapat bekerjasama yang baik dengan Pemerintah desa,” Tutupnya.

Hasil penilaian Pelatih beserta panitia, Peraih peringkat nilai rata-rata tertinggi di raih :
1 Amiludin, Desa Pauh Tanjung Iman Kecamatan Kalianda dengan  pre tes 85, Pos tes 95 dan Nilai rata-rata 90.
2 Rumiem, Desa Melawi Kecamatan Bakauheni dengan pre tes 80, pos tes 95 dan Nilai rata-rata 87,5.
3 Nasrul Musa, Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa dengan pre tes 80, pos tes 90 dan Nilai rata-rata 85.

Adapun materi yang disampaikan kepada peserta Prukades angkatan VIII :

* Konsep dan prinsip pengembangan desa wisata pesisir.
* Identifikasi dan penggalian potensi wisata.
* Pengembangan desa wisata berbasis komunitas.
* Sapta pesona dan Hospitality. Kelembagaan Desa wisata.  *Pengembangan produk wisata    berbasis potensi desa.
* Branding dan Pemasaran produk wisata.
* Tahapan perencanaan pembangunan desa (RPJMdes), serta Penyusunan RTL.  (Saf)

About Post Author