19 April 2024

Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, DPKAR Lamsel Gelar Berbagai Lomba

Spread the love

Lamsel LAMPUNG, www.libasmalaka.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar lomba pelajar dan guru PAUD serta bazar buku, di Lapangan Tenis Indoor, Kalianda, Kamis (26/9/2019).

Perlombaan itu digelar dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan tingkat Kabupaten Lampung Selatan tahun 2019.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Lampung Selatan, Qorinilwan, SH, MA menjelaskan, peringatan Hari Kunjung Perpustakaan 2019 mengambil tema pengoptimalan upaya peningkatan kecerdasan anak bangsa khususnya kalangan generasi muda.

“Melalui peringatan Hari Kunjung Perpustakaan 2019, ayo membaca demi menyongsong masa depan yang lebih baik,” ucap Qorinilwan saat menyampaikan laporan kegiatan.

Adapun kata dia, untuk memeriahkan kegiatan tersebut dilaksanakan berbagai kegaiatan perlombaan bagi pelajar dan guru PAUD se-Kabupaten Lampung Selatan.

“Bentuk kegiatannya meliputi, lomba mewarnai untuk tingkat PAUD/TK, lomba bercerita untuk tingkat SD/MI, lomba pidato Bahasa Lampung dan bahasa Inggris untuk tingkat SLTP/MTs, dan lomba story telling untuk guru PAUD/TK,” terang Qorinilwan.

Sementara, maksud dan tujuan diadakannya kegiatan itu sambung Qorinilwan, adalah untuk memberi rangsangan dan motivasi bagi masyarakat khususnya kalangan pelajar dan generasi muda untuk senantiasa mencintai dan gemar membaca serta mau berkunjung memanfaatkan sarana perpustakaan dimana pun lokasinya berada.

“Sasarannya adalah para pelajar mulai dari PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs serta guru-guru PAUD se-Kabupaten Lampung Selatan. Dimana hari ini peserta yang hadir lebih kurang 1.500 orang dari berbagai lembaga pendidikan atau sekolah se-Kabupaten Lampung Selatan,” katanya.

Sedangkan, Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkab Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos yang hadir sekaligus membuka acara itu menyambut baik diselenggarakannya kegiatan tersebut.

Dia berharap, melalui kegiatan itu dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas dan semangat dalam pengembangan cakrawala ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan keterampilan kepada masyarakat, khususnya pelajar dan generasi muda melalui semangat membaca dan pemberdayaan perpustakaan.

“Melalui kegiatan lomba-lomba pelajar dan guru PAUD ini, diharapkan dapat merangsang minat baca masyarakat, terutama kalangan pelajar dan generasi muda. Karena dengan banyak membaca akan menambah pengetahuan dan wawasan berfikir,” ujar Thamrin.

Melalui kegiatan itu, Thamrin juga berharap, segenap jajaran Pemkab Lampung Selatan dapat mendukung dan memasyarakatan kebiasaan membaca. Sebab katanya, masyarakat yang cerdas akan memudahkan terwujudnya kemajuan, kesejahteraan dan percepatan pembangunan khususnya di Kabupaten Lampung Selatan.

“Untuk itu, dibutuhkan adanya berbagai inovasi dan terobosan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang terprogram secara efektif dan efisien yang mampu menumbuh kembangkan serta meningkatkan minat baca masyarakat secara siginifikan,” pungkasnya. (az/Saf)

About Post Author