240 peserta Perkemahan Pelajar SLTA SeProvinsi Lampung Ikuti Bhakti Pramuka UNILA

Lamsel LAMPUNG, www.libasmalaka.com – Pembukaan kegiatan Bakti Pramuka Universitas Lampung (UNILA) dilaksanakan didepan PT. SUPREME ENERGY diDesa Sukaraja Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan, Kegiatan diiikuti 240 peserta Perkemahan pelajar SLTA seProvinsi Lampung, 45 anggota Mahasiswa UNILA, Ketua UKM Pramuka Andi Saputra dan ketua pelaksana kegiatan Andi Setiawan, Rabu (11/9/2019).

Kegiatan Bhakti Pramuka dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Gugus depan Ke 37 gerakan Pramuka Gugus Depan Bandar Lampung Universitas Lampung 2019, kegiatan dimulai pada 11 September 2019 dan selesai pada 14 September 2019.

Drs Sulpakar MM Kadis pendidikan & kebudayaan provinsi Lampung mewakili Ketua Majelis pembimbing daerah gerakan pemuda Lampung menyampaikan sambutan tertulis gubernur Lampung Arinal Junaidi, Pramuka sebagai wadah pendidikan di luar sekolah dan di luar keluarga, gerakan Pramuka memiliki banyak kegiatan positif dalam pembinaan generasi muda dan remaja, Tujuan gerakan Pramuka sebagaimana tercantum di dalam AD/ART yakni membentuk generasi muda yang berkepribadian berwatak dan berbudi pekerti luhur, beriman, bertakwa, cerdas dan terampil serta kuat dan sehat akan dapat di capai dengan baik.

“Yang kesemuanya ini apabila dapat di wujudkan pada gilirannya akan berperan dalam mencegah terjadinya berbagai hal negatif yang terjadi di kalangan generasi muda,” Ujarnya.

Oleh karena itu perhatian serta dukungan semua pihak terhadap gerakan Pramuka dan pembinaan Pramuka di daerah Lampung dapat di jadikan indikator dalam perbaikan serta peningkatan sikap mental etos kerja tingkat pemikiran serta daya kreatifitas.

“Generasi muda di harapkan akan semakin meningkat yg di tandai dgn meningkatnya aktivitas kepramukaan,” Lanjut Drs Sulpakar MM Kadis pendidikan & kebudayaan provinsi Lampung.

Prof Dr.H Bujang Rahman MSi mewakili ketua majelis pembimbing gugus depan Bandar Lampung dalam penyampaianya mengatakan, Kegiatan Bhakti Pramuka universitas Lampung ini merupakan salah satu upaya universitas Lampung untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

“Untuk benar-benar menjadi bagian dari masyarakat, salah satu program universitas Lampung untuk menjadikan universitas Lampung sebagai perguruan tinggi Negeri milik masyarakat terutama masyarakat Lampung,” Katanya.

Melalui kegiatan ini akan terjadi selain interaksi dan sinergi kegiatan antara Pramuka dlm hal ini gugus depan 3011/3013/3014 kepada seluruh anggota pramuka yang ada.

“Oeh karena itu saya berharap kegiatan ini betul-betul dapat menjadikan harmonisasi antara Pramuka yg ada di Unila dan pramuka-pramuka yg ada di daerah termasuk pengurus gugus depan dan para pengurus Pramuka yang ada di daerah,” Tutup Prof Dr.H Bujang Rahman MSi mewakili ketua majelis pembimbing gugus depan Bandar Lampung.

Kegiatan Bhakti Pramuka Universitas Lampung (UNILA) dihadiri Supriyanto mewakili Ketua Majelis Pembimbing Cabang gerakan Pramuka Cabang Lampung Selatan, (Asisten bid pemerintahan dan kesra)Thomas amrico, Kaban Kesbangpol, Drs Burhanudin Kadis pendidikan, Aris sandi Plt.Kadis pemuda & olah raga.Camat Rajabasa Sabtudin,S,Sos, Kades Sukaraja Sarbini, Drs Sulpakar MM.mewakili Ketua Majelis Pembimbing gerakan pemuda daerah Lampung, prof Dr. H.Bujang Rahman MSi mewakili Ketua Majelis Pembimbing gugus depan Bandar Lampung.

Adapun agenda kegiatan diantaranya : Giat Fisik
1.Penanaman tanaman buah.
2.Pembuatan tugu monumen.
3.Pemeriksaan kesehatan.
4.Perbaikan taman baca
5.gotong royong.
Giat Non fisik.
1.Penyuluhan kesehatan
2.Penyuluhan Mikropreneur.
3.Penyuluhan lingkungan polusi sampah laut.
4.Penyuluhan asuransi nelayan.
5.Bincang pagi bermedia sosial
6.Pelatihan tanggap bencana.
Giat Non Bakti.
1.Upacara Pembukaan
2.Upacara penutupan
3.Upacara adat
4.Apel pagi dan sore.
5.Olah raga
6.BPRU bersolawat.
7.Jalan sehat.
8.Gertak desa
9.Games
10.Pentas seni dan budaya.
11.Api unggun.
12.Pawai budaya.
13.Giat pretasi.
14 Susur pantai. (Adn/Saf)