Pelaksanaan Infrastruktur Jalan Rabat Beton, Kades Canti Tekankan Kepada TPK Dan Pekerja Agar Tidak Keluar Dari Aturan Pemda Lampung Selatan

Lamsel LAMPUNG, www.libasmalaka.com – Melalui pelaksanaan program-program pembangunan jalan yang merupakan jaringan transportasi paling dominan digunakan oleh penduduk untuk beraktivitas serta meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa Canti Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) membangun infrastruktur jalan berupa Rabat beton.

Pembangunan tersebut berlokasi di Dusun 4  RT 11 desa setempat, Pembangunan itupun menggunakan anggaran dana desa (DD) Tahun 2019 dengan besar anggaran Rp. 385.120.100 dan bervolume P= 557 M. L= 3 M. T = 0,15 M.

Dari pantauan pewarta dilokasi Dusun 4  RT 11Tampak pekerjaan pembangunan Rabat beton dilaksanakan dengan swakelola oleh warga setempat. Rabu (28/8/2019)

Rohdi Ketua Tim pelaksana kegiatan (TPK) Desa Canti mengatakan kegiatan yang dilaksanakan tersebut dikerjakan secara swakelola Pengerjaan dilaksanakan oleh masyarakat sesuai dengan Padat Karya Tunai (PKT) Harian Orang Kerja (HOK) 30% dari anggaran biaya.

“Tadi sudah saya sebutkan besar anggaran dan volumenya, pembangunan ini menggunakan anggaran DD tahun 2019 dan besar anggaran Saudah saya sebutkan juga sama abang, Untuk pelaksanaanya kita mengacu kepada peraturan Pemerintah bang,” Katanya.

Hal senada dikatakan Jahidin Kades Canti, Ia menghimbau kepada TPK dan pekerja agar tidak main-main dalam pembangunan yang sedang dilaksanakan Pemerintah desanya.

“Saya sebagai Kepala desa tidak merubah apapun sahingga apa yang diperintahkan Pemerintah Lampung Selatan akan saya wujudkan maka dari itu saya buat penekanan kepada mereka (pekerja Red) melalui lisan dan surat pernyataan meminta pertanggung jawabannya dengan tujuan agar mereka benar-benar dalam bekerja, Saya tidak ingin keluar dari aturan yang sudah ditetapkan, Untuk ukuran jalan diatas standar K225, Jadi dalam pembangunan Rabat beton saya tidak ingin pekerja mengurangi ukuran yang sudah ditetapkan dengan mengurangi takaran air ataupun bahan-bahan lainnya,” Himbaunya.

Masih kata Jahidin, Rabat beton dengan lebar 3 meter dan ketebalan 0,15 menurutnya dapat dilalui oleh kendaraan roda empat (mobil Red), Melelui pembangunan itu, Iapun berencana akan menjadikan Dusun 4 RT 11 menjadi dusun dan RT terpadu didesanya.

“Bukan saja roda dua yang melalui jalan ini roda empatpun dapat melalui jalan ini, dengan jalan ini nantinya juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, petani yang membawa sayuran dapat dimuat pakai roda empat begitu juga peternak ayam disini mereka bisa langsung memarkirkan mobilnya di depan kandangnya,” Ujar Jahidin.

Kembali Jahidin mengatakan, Pembangunan jalan akan sangat berpengaruh dalam kehidupan dari berbagai sisi dan aspek, masyarakat akan mendapatkan berbagai keuntungan dalam pembangunan jalan tersebut.

“Karena setiap aktivitas masyarakat tidak lepas dari jalan, oleh karena itu pembangunan jalan adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat dalam kehidupan, maka dari itu untuk menjaga kwalitas saya akan selalu pantau pembangunan yang sedang dilaksanakan ini,” Pungkasnya.  (Dedi/Saf)

About Post Author