David : Pemkab Malaka Agar Dorong Stakeholder Dan Masyarakat Cegah Stunting

Malaka.libasmalaka.com–Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi NTT, David Mandala mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Malaka untuk terus mendorong stakeholder dan masyarakat untuk memperhatikan kesehatan calon ibu.

Hal ini sejalan dengan program pemerintah provinsi dalam upaya mencegah stunting dengan memperhatikan asupan gizi dan upaya peningkatan umur harapan hidup dengan fokus menjaga anak dalam usia 1.000 hari pertama kehidupan.

David Mandala menjelaskan hal itu saat memberikan materi dalam rembuk stunting tingkat Kabupaten Malaka yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Malaka, Senin (12/8/2019).

Menurut David, untuk mewujudkan Kesehatan masyarakat sangat dibutuhkan komitmen dan kerja bersama antara pemerintah, baik sektor kesehatan maupun nonkesehatan di tingkat kabupaten serta swasta dalam pembangunan pangan dan gizi.

Selain itu, dalam upaya
peningkatan umur harapan hidup, pemerintah perlu memperhatikan calon ibu agar tidak sakit, terutama penyakit Anemia. Kemudian, memastikan kegiatan posyandu berjalan secara teratur dan mendorong ibu menyusuai untuk memberikan ASI eksklusif.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran meminta peserta rembuk stunting agar terus membagikan ilmu tentang kesehatan kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa memahaminya.

Pemerintah dengan berbagai program unggulan terus membangunan SDM masyarakat Malaka menjadi lebih hebat.(Ananda)