Guna Memajukan Desa, Desa Kerinjing Gunakan DD

Spread the love

Lamsel LAMPUNG, www.libasmakaka.com – Pembangunan infrastruktur secara umum merupakan cara yang baik untuk menggenjot pembangunan serta meningkatkan perekonomian warga, Dalam hal ini Pemdes Kerinjing Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan membangun dua unit  Rabat beton dengan total ukuran dua unit rabat beton Panjang.100 perunit Lebarnya 1,2 dan perunit Tebal 0,8 cm kedua unit berlokasi Dusun 2 Rt 05 besar anggaran kedua unit rabat beton yang di bangun Pemerintah desa Kerinjing Rp. 24.032,000.

Jumanta salah satu warga setempat mengungkapkan kepada pewarta media ini saat saat dirinya hendak  berkebun, mengatakan, Dengan membangunya jalan rabat beton Pemdes Kerinjing telah memberikan kemudahan untuk dirinya membawa hasil kebun, Senin (5/8/2019).

“Alhamdulillah bang, jalan ini sudah dibangun, Saya merasa senang karena kalau saya kekebun dan membawa hasil dari kebun jadi lebih enak dan cepat,” Ungkapnya.

Jumanta menambahkan, Bukan infrastruktur jalan saja yang di bangun Pemdes Kerinjing ditahun 2019.

“Saya bersama warga lainnya merasakan bahagia dan bersyukur karena apa yang kami pinta ke Pemdes Kerinjing dikabulkan pada tahun ini bukan saja Pembangunan jalan bang, Drainase dan TPT juga di bangun, Alhamdulillah setelah dibangunnya TPT dan Drainase di lingkungan kami, akan menjdi aman dan bersih, tidak lagi becek karena air yang tergenang kejalan,” Imbuhnya.

Terpisah saat pewarta cek lokasi  TPT, Dreynase, Pembangunan tersebut telah selesai dilaksanakan dan sudah dirasakan oleh seluruh warga setempat.

Satim Kades Kerinjing saat berada di lokasi menuturkan pembagunan yang telah dilaksanakan tersebut pengerjaan secara swakelola warga desa setempat dan menggunakan anggaran dana desa (DD) tahun 2019.

“Inilah hasil dari musyawarah tahun 2018 warga meminta pembangunan Jalan, Drainase dan TPT, Dan tahun inilah kita kabulkan permintaanya, Alhamdulillah mereka sekarang sudah merasakanya, tidak ada lagi air berceceran hingga membuat tanah menjadi becek karena sudah ada Drainase kemudian untuk menghindari longsor dan banjir sudah ada TPT,” Tutur Satim Kades Kerinjing.

Hal senada disampaikan Sabit Sekdes Kerinjing, Dirinya menerangkan, Dari ketiga jenis Pembangunan yang dilaksanakan Pemerintahanya menggunakan anggaran DD Tahap II dan untuk menambah ilmu pengetahuan warga pada tahap III pihaknya akan membangun perpustakaan.

“Dalam pelaksanaan pembangunan diDesa ini kita lakukan secara  swakelola oleh warga kita, Untuk DD tahap 2  jenis kegiatan pekerjaan Tanggul penahan Tanah (TPT) Panjang 40 m, T 1,3 m, L 0,25 m, di rt.02 dusun 1 anggaran Rp.20,572.000, dan Drainase Panjang 96 m,Tinggi 0,7 m, L  0,25 m, anggaran Rp.44.692.668,- lokasi Rt.02 Dusun1, Dua unit Rabat beton ukuran panjang.100 Lebar 1,2 Tebal 0,8 cm lokasi Rt 05 keduanya diDusun 2, dan nanti pada tahap III kita akan bangun Perpustakaan Ukuran 6 x 9 m, menelan anggaran Rp.108.000.000,” Pungkasnya. (Saf).

About Post Author