MARGA RAJABASA IKUT SERTA PAWAI BUDAYA FESTIVAL KALIANDA TAHUN 2019

Lamsel LAMPUNG, libasmalaka.com – Pawai Budaya Festival Kalianda tahun 2019, Adat Marga Rajabasa turut serta dalam serta festival tersebut yang di selenggarakan start dari kantor polres lama menuju lapangan cipta karya Kalianda kabupaten Lampung Selatan, Selasa (9/7/2019).

Dari pantauan pewarta dilapangan, tampak, Adat marga Rajabasa di pimpin oleh Batin Nurjaya sekaligus pemimpin rombongan Sai Batin marga Rajabasa Pangeran Punyimbang Agung turut serta mengikuti acara tersebut. Selasa (9/7/2019).

Batin Nurjaya pemimpin rombongan mengungkapkan, Adat marga Rajabasa akan mempersembahkan keragaman budaya yang ada di Lampung Selatan dengan tema tuping .

“Dalam acara festival tersebut semua nya ada dua belas tuping yang di pertunjukan dalam acara festival Kalianda, karena itu menunjukan salah satu ciri khas mengingatkan adat yang ada di Lampung Selatan,” Ungkapnya.

Lanjut nya, Batin Nurjaya menjelaskan tentang kebudayaan adat istiadat yang berada di kabupaten Lampung Selatan salah satu nya adat Sai Batin marga Rajabasa terletak di daerah pesisir kalianda.

“Marga Rajabasa terletak di daerah pesisir yang terbagi dalam beberapa suku yang di awali dari Desa Jondong sampai menuju ujung kecamatan Rajabasa Desa Hargo Pancuran dan sampai menyeberangi ke pulau Sebuku bahkan pulau Sebesi itu lah adat suku marga Rajabasa,” Terangnya.

Marga Rajabasa mempunyai Lamban Balak atau rumah adat yang terletak di Desa Rajabasa Kecamatan Rajabasa kabupaten Lampung selatan.

“Dengan adanya acara festival Kalianda tersebut kami dari marga Rajabasa sangat senang, bahagianya dan ikut serta gembira karena kami dari suku marga Rajabasa ikut serta melaksanakan festival Kalianda yang di adakan oleh plt Nanang Ermanto Bupati Lampung Selatan ini,” Tutupnya. (Iwan)

About Post Author