20 April 2024

Bupati Malaka Apresiasi, Banyak Rumah Sakit Belajar Ke Malaka

Spread the love

Malaka.libasmalaka.com-Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengungkapkan dirinya sangat bangga dan senang karena banyak Rumah Sakit yang mau datang dan belajar bersama-sama di Rumah Sakit Penyangga Perbatasan (RSPP) Betun, Kabupaten Malaka. Hal ini menjadi nilai tambah dan kontribusi tersendiri bagi perjalanan daerah ini.

Hal itu diungkapkan Bupati Perdana Malaka ketika dikonfirmasi terkait kehadiran Tim Akreditasi dari Rumkit Wirasakti Kupang di RSPP Betun, Kamis (9/5).

“Sebagai Pimpinan Wilayah ini, saya sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi atas apa yang telah diraih RSPP Betun yang mendapatkan akreditasi paripurna, sehingga banyak yang datang ke Malaka,” kata mantan Kadis Kesehatan Propinsi NTT selama 13 tahun ini.

Pencetus Revolusi KIA di Provinsi NTT ini pun menambahkan predikat paripurn yang telah diperoleh merupakan buah dari kerja keras dan kerja sama semua pihak, melalui proses yang panjang.

“Manajemen RSPP Betun sebelum mendapatkan predikat ini pun belajar dari beberapa rumah sakit yang ada di Indonesia, kemudian menerapkan sesuai standar sehingga pada akhirnya memperoleh pengakuan ini,” ungkap orang nomor satu di Malaka ini.

Bupati yang akrab disapa SBS ini juga mengungkapkan, keberhasilan yang sudah dicapai RSUPP Betun bukan hasil mimpi semalam,  tetapi melalui proses belajar dan perjuangan yang panjang.

Khusus bidang kesehatan, Pemda Malaka meminta pendampingan team pakar dari Pusat Kebijakan dan Management Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran UGM Jogyakarta, Team Pakar kesehatan dan Team dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT, untuk mendampingi, berdiskusi dan membenahi hal-hal tekhnis terkait manajemen kesehatan.

“Sementara Pemerintah Kabupaten Malaka sebagai pemilik rumah sakit selalu mensupport dengan menyediakan fasilitas, baik gedung, peralatan maupun sumber daya manusia yang handal dan berkompeten di bidangnya,” urai mantan Kadis Kesehatan Kabupaten Sumba Timur ini.

Sehubungan dengan kunjungan kaji banding dari Rumkit Wirasakti Kupang, Bupati Malaka mengharapkan kepada pihak manajemen RSPP Betun supaya terus membuka diri untuk dipelajari oleh rumah sakit yang lain.

“Saya harapkan kepada pihak RSPP Betun untuk senantiasa membuka diri untuk dipelajari rumah sakit lain,” singkatnya serentak mengingatkan agar manajemen pihak RSUPP Betun tidak merasa tersanjung, tetapi semua ini menjadi motivasi dalam menjaga dan mempertahankan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Kunjungan ini hendaknya menjadi cambuk untuk mempertahankan keberhasilan yang sudah diraih.
Dan yang lebih penting, bagaimana mengimplementasikan apa yang tertuang dalam dokumen akreditasi demi pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat”, pungkas Bupati Malaka.

Sebagai informasi, dalam bulan April dan Mei ini, RSPP Betun Kabupaten Malaka sudah menerima kunjungan tim akreditasi dari RS Katolik Marianum Halilulik, RSUD Soe Timor Tengah Selatan dan terakhir RS Tentara Wirasakti Kupang. (HK-Ananda)

Siaran Pers dikeluarkan Diskominfo Malaka untuk dipublikasikan

About Post Author