30 April 2024

Budidaya Pisang Malaka Sangat menjanjikan. Bisa Menembus pasaran di Daratan Timor.

Spread the love

Malaka.libasmalaka.com- Budidaya Pisang Malaka Sangat menjanjikan. Bisa Menembus pasaran di daratan Timor Hal ini dikatakan oleh
Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Malaka Yustinus Nahak

Menurut Kadis Yustinus pihaknya sementara melakukan kajian dan pemetaan terkait budidaya pisang agar bisa menjawab permintaan pasar secara berkesinambungan dimasa mendatang.

Untuk menjawab permintaan pasar saat ini dinas sementara merancang agar daerah yang kurang produktif untuk tanaman pangan seperti jagung perlu dioptimalkan pemanfaatannya untuk menanam pisang karena tanaman pisang bisa tumbuh dimana saja.

lebih lanjut dikatakan Kadis Yustinus “tanaman pisang yang sementara berproduksi di Kabupaten Malaka sebanyak 3. 250 hektar dengan rincian 250 ha tanaman pisang melalui program RPM dan 3000 ha lainnya menyebar pada beberapa kecamatan seperti Wewiku, Malaka Barat, Weliman, Malaka Tengah dan Kecamatan Kobalima.

“Kita sudah lakukan pemantauan di lapangan ternyata permintaan pasar terkait pisang Malaka cukup tinggi dan berjalan secara kontinyu yang dijual petani ke seluruh daratan Timor”

“Kalau petani langsung menjual di kebun hanya bisa mendapatkan uang Rp 20- Rp 30 ribu/ tandan .
Per sisir diju dengan harga RP 2500- R3000/ sisir”

” Kalau dijual petani keluar Malaka bisa mencapai harga Rp. 7500- Rp 15.000/sisir dan per tandan bisa dijual dengan harga Rp 70.000″

” Kami bertemu dengan petani di Oanmane -Malaka Barat mengaku setiap hari bisa pasok pisang 2 pick up ke Atambua dan tiap tiga hari jual 1 truk pisang di Kota Kupang”

“Hal yang sama kami jumpai dengan petani di Kecamatan Wewiku dan Weliman serta Malaka Tengah melakukan hal yang sama bahkan mengaku walau pasokan pisangnya banyak namun permintaan pasar masih tinggi”

” Kita harus lihat peluang pasar ini dan melalui petugas kita di lapangan kita tetap mendorong petani untuk menanam pisang terutama memanfaatkan lahan-lahan yang kurang produktif  untul ditanami jagung”

“Kita optimis bila tanah-tanah itu ditanami pisang akan memberikan hasil yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan petani kita.tutup Kadis Yustinus.(ananda/bagas)

About Post Author