Haul Siti Fatimah Binti Maimun ke-940, Covid-19 Mereda Prokes Masih di Terapkan

Haul Siti Fatimah Binti Maimun ke-940, Covid-19 Mereda Prokes Masih di Terapkan

GRESIK – Libasmalaka.com

Haul Siti Fatimah binti Maimun digelar pada hari Kamis Pahing, 16 Mei 2022. Meskipun kasus Covid-19 sudah mereda, panitia penyelenggara tetap menerapkan protokol kesehatan.

Haul yang hanya diikuti khusus warga Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik ini berlangsung khidmat.

Bhabinkamtibmas Polsek Manyar bersama panitia penyelenggara membagikan masker kepada jamaah yang tidak membawa masker. Cek suhu tubuh dan cuci tangan pakai sabun sebelum mengikuti Tahlilan juga masih diterapkan panitia.

Kehadiran personel Kepolisian yang dipimpin langsung Kapolsek Manyar AKP Windu ini memastikan jamaah yang akan mendoakan penyebar Agama Islam di Pulau Jawa menjalankan protokol kesehatan.

Diketahui, Siti Fatimah binti Maimun adalah satu diantara penyebar Agama Islam di Pulau Jawa, dikenal dengan sebutan Putri Retno Suwari.

Lahir di Malaka pada tahun 1064 Masehi. Ayahnya bernama Maimun bergelar Sultan Mahmud Syah Alam berasal dari Iran. Sedangkan Ibunya bernama Siti Aminah berasal dari Aceh.

Siti Fatimah tiba di tanah Jawa pada tahun 1081 Masehi. Ketika itu masih berusia 17 tahun. Baru setahun menyebarkan agama Islam, wabah penyakit melanda Desa Leran dan sekitarnya.

Siti Fatimah binti Maimun wafat pada 7 Rajab 475 Hijriah atau 7 Desember 1082 Masehi diusia 18 tahun.

Konon, makam Siti Fatimah binti Maimun atau masyarakat lokal lazim menyebutnya makam panjang ini baru ditemukan 4 abad kemudian.

Haul Siti Fatimah binti Maimun diambil dari ditemukannya makam tersebut pada 15 Syawal atau 15 hari setelah Idul Fitri.

Kepala Desa Leran Abdul Manan mengajak masyarakat untuk tetap mendukung ikhtiar pemerintah dalam menyudahi pandemi Covid-19.

Ketua panitia Haul Muhammad Nashir sekaligus ketua yayasan Siti Fatimah binti Maimun bersyukur acara tahunan tersebut berjalan lancar.

“Alhamdulillah, berkat doa dan kerjasama semua pihak, Haul Siti Fatimah binti Maimun dapat berjalan lancar dan sukses,” ucapnya bersyukur.

Sementara itu Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno mengatakan protokol kesehatan tetap diterapkan.

“Bagi masyarakat yang belum divaksin, agar melengkapi vaksinas Covid-19 lengkap hingga dosis ketiga atau bosster,” kata Windu usai menghadiri undangan Haul Siti Fatimah binti Maimun, Senin (16/5/2022).

Mantan Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya itu berharap percepatan vaksinasi segera tercapai.

“Meskipun sudah menerima vaksinasi masyarakat tetap diminta mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

(Nang/Hum)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: