Pentahapan Pilkades di Gresik Telah Bergulir, Kapolsek Manyar : Panitia Pilkades Jaga Netralitas!

Pentahapan Pilkades di Gresik Telah Bergulir, Kapolsek Manyar : Panitia Pilkades Jaga Netralitas!

GRESIK – Libasmalaka.com

Pesta demokrasi ditingkat desa di Kabupaten Gresik bakal digelar. Pemilihan kepala desa (Pilkades) bergelombang dijadwalkan dilaksanakan bulan Maret 2022 mendatang.

Merujuk Surat Edaran (SE) Nomor 144/1664/437.80/2021 perihal pelaksanaan pemilihan kepala desa bergelombang Tahun 2021. Tercatat sebanyak 47 desa yang tersebar di beberapa kecamatan se Kabupaten Gresik akan melakukan Pilkades.

Sementara di Kecamatan Manyar terdapat 3 desa yang turut ambil bagian dalam pelaksanaan Pilkades bergelombang pada bulan Maret 2022. Diantaranya Desa Yosowilangun, Desa Manyarejo, Desa Banyuwangi dan Desa Betoyokauman.

Dalam mensikapi agenda Pilkades tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Manyar bersinergi dengan Babinsa Koramil 0817/06 Manyar. Gencar turun ke desa melakukan komunikasi dengan tokoh masyarakat dan penggalangan demi menjaga Kamtibmas tetap kondusif.

Rapat musyawarah desa dengan agenda pemilihan dan pelantikan panitia Pilkades pun dilakukan pada pemerintahan desa yang hendak menggelar Pilkades.

Seperti di Desa Betoyokauman, pada hari Kamis 6 Januari 2022 telah melakukan rapat musyawarah pemilihan dan melantik panitia Pilkades. Ada 7 orang tokoh masyarakat dari berbagai unsur yang diambil sumpah dihadapan Forkopimcam Manyar sebagai panitia Pilkades.

Rapat musyawarah dengan agenda yang sama akan dilakukan oleh pemerintahan desa lainnya, yang bakal menggelar Pilkades.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno mengatakan agar panitia Pilkades menjaga netralitas.

“Kami tekankan kepada panitia Pilkades untuk menjaga netralitas selama proses. Baik sebelum, pemungutan suara hingga nanti pelantikan kepala desa terpilih,” kata Windu, Jumat (7/1/2022).

Mantan Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya itu mewanti-wanti semua pihak yang terlibat dalam perebutan kursi kepala desa untuk bermain fair play.

Windu mengaku, bersama Camat Manyar juga Danramil 0817/06 Manyar akan bersinergi melakukan pengawalan pada semua pentahapan Pilkades. Ia mengingatkan saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Harapannya Pilkades bergelombang pada bulan Maret 2022 mendatang dapat berjalan lancar, aman dan kondusif serta menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

(Nang/Hum)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: