Kam. Mei 28th, 2020

Sosialisasi PBB, 2019 PBB Sukaraja Palas Raih 74,73 Persen

Lampung Selatan, www.libasmalaka.com – Salah satu sumber yang menentukan keberhasilan berbagai program pembangunan serta pelayanan publik yakni penerimaan sektor Pajak, Hal itulah Pemerintah desa Sukaraja Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan menggelar Sosialisasi Pajak Bumi Bangunan (PBB), Senin (02/03/2020).

Acara digelar diBalai desa setempat, dihadiri Rika Wati, S.STP. MM Camat Palas, Rusli Kasubag TU PerPajakan Kecamatan Palas, Gunawan operator Perpajakan Kecamatan Palas, Sinarti Kades Sukaraja beserta aparatur, RT dan Kadus dari 7 Dusun Desa Sukaraja.

Sinarti Kades Sukaraja dalam sambutannya mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada tim Kecamatan Palas yang akan memberikan sosialisasi perpajakan

Pentingnya sosialisasi pajak diberikan kepada masyarakat, Sinarti berharap kepada para Kadus dan Rt dapat menyampaikan kembali di tengah masyarakat.

“Dengan adanya sosialisasi pajak ini sangatlah penting bagi kami maka dari itu kami sangat berterimakasih kepada tim pajak Kecamatan Palas, saya sangat berharap apapun yang disampaikan oleh tim pajak pak RT dan pak Kadus dapat memberikan penjelasan kembali kepada masyarakat,” Ungkapnya.

Rika Wati Camat Palas dalam sambutannya menyampaikan, Dalam rangka sosialisasi PBB merupakan program yang dilaksanakan pada setiap tahun, disetiap desa. Iapun menyinggung adanya tunggakan pajak tahun 2019 sebesar Rp 9juta dan iapun berharap tunggakan pajak tersebut agar segera diselesaikan.

“Dengan adanya tunggakan tersebut saya berharap didesa tidak ada petugas pemungut pajak yang menggunakan dana pajak, dan juga untuk petugas pemungut pajak harapan saya agar segera dipungut pajaknya agar tidak terhutang,” Katanya.

Lanjutnya, Rika Wati menerangkan ketetapan pajak pokok hingga dasar penggunaan Dana bagi hasil (DBH) Pajak sesuai Perbup No 41 th 2019.

“Di tahun 2019, Untuk Desa Sukaraja Ketatapan pajak pokok sebesar Rp 39.213.587,
Penyetoran pajak sebesar Rp 29.303.577, jadi menurut persentase Desa Sukaraja meraih 74,73%, walaupun penyetoran tidak sesuai ketetapan namun demikian desa ini meraih peningkatan pada DBH tahun 2019 Rp 31 juta ditambah retribusi sebesar 2 juta jadi seluruh nya RP 33 Juta,” Terangnya.

Hal senada disampaikan Rusli Kasubag TU Perpajakan Palas, Ia kembali Menjelaskan DBH Pajak sesuai Perbup No 41 th 2019 pasal 17 DBH dapat digunakan untuk belanja operasional pemerintahan desa dan penunjang kegiatan peningkatan prasarana fisik dalam rangka pelayanan umum yang tidak berbenturan dengan belanja pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

“Serta belanja pemberdayaan masyarakat desa yang digunakan untuk sosialisasi dan pembinaan wajib pajak dan wajib retribusi dalam rangka intensifikasi pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah,” Pungkasnya. (Saf)

Tinggalkan Balasan

error: Ketahuan lo Mau Copi Paste Yaa
%d blogger menyukai ini: