18 April 2024

Jawaban Pemkab Malaka Pandangan Umum Fraksi Partai Golkar 

Spread the love

Malaka. libasmalaka.com-Pemerintah Kabupaten Malaka memberi jawaban atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Malaka, terhadap Pengantar Nota Keuangan atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020 dan Dua Buah Ranperda yang diajukan Pemda Malaka. Jawaban pemerintah dibacakan oleh Asisten III Sekda Malaka, Yosef Parera di ruang sidang DPRD Malaka, Kamis (14/11/2019).

Asisten III Setda Malaka, Drs. Yos Parera saat membacakan jawaban Pemda Malaka yang dihadiri oleh Sekda Malaka Donatus Bere SH dalam sidang yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Malaka, Devi Hermin Ndolu menyebutkan, Fraksi Partai Golongan Karya menyoroti sejumlah hal diantaranya, Pertama, Selisih Anggaran Antara KUA PPAS 2020 Dengan Pengantar Nota Keuangan Tahun Anggaran 2020. Menurut KUA PPAS 2020 sebesar RP 843.648.526.640 sedangkan Pengantar Nota Keuangan Tahun Anggaran 2020 Sebesar RP. 842.317.126.610.
Menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh Fraksi Partai Golkar dengan ini Pemda menjelaskan sebagai berikut, bahwa terjadi selisih anggaran pendapatan yang termuat dalam dokumen KUA PPAS 2020 dan Pengantar Nota Keuangan Tahun 2020 disebabkan karena terjadi penyesuaian kembali Pendapatan Dana BOS Tahun Anggaran 2020 yang pada awalnya dianggarkan secara gelondongan dalam KUA PPAS.

Setelah dilakukan penelusuran kembali, terjadi selisih kurang pendapatan sebagaimana disebut diatas, dan secara rinci akan dibahas bersama dalam rapat komisi dan badan anggaran.
Selisih pada pos belanja terjadi karena, alokasi belanja untuk membiayai program -Program Prioritas Bupati yang meliputi RPM, peningkatan kesehatan masyarakat, peningkatan mutu pendidikan, peningkatan infrastruktur, program peningkatan SDM dan masyarakat.

Terkait dengan pembiayaan untuk mendukung Penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Malaka tahun 2020, Pemda menjelaskan kalau telah ditandatangi NPHD-nya baik KPU dan Bawaslu Malala.

Terhadap saran dari Fraksi Partai Golkar, Pemerintah Daerah Malaka menyampaikan terima kasih dan akan memperhatikan usulan-usulan tersebut sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. (ananda)

About Post Author