20 April 2024

Promosikan Wisata Kampung Bambu, Desa Seketi Sidoarjo Gelar Pawai Budaya

Spread the love

Sidoarjo.JATIM, www.libasmalaka.com – Upaya yang dilakukan pemerintah Desa Seketi, kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo menjadikan desanya sebagai destinasi wisata kampung bambu dilakukan dengan menggelar pawai budaya Dengan konsep kerajaan Majapahit, ratusan peserta berangkat dari Situs Seketi kemudian berjalan kurang lebih 2 Km menuju kantor Balai Desa Seketi.

Harapan dari Kepala Desa Seketi Seger Purwanto, Dengan diawalinya pawai budaya ini agar masyarakat luas mengetahui bahwa desa Seketi merupakan desa penghasil kerajinan dari bambu.

Seger mengaku dengan digelarnya kegiatan kebudayaan ini harapannya masyarakat akan tahu sejarah asal usul desa Seketi yang menjadi penghasil kerajinan bambu sejak tahun 1930-an. Pemkab Sidoarjo mendukung penuh desa Seketi menjadi destinasi wisata kampung bambu.

“Warga sudah sepakat kalau desa Seketi dijadikan destinasi wisata kampung bambu, Kita akan agendakan setiap tahun ada pagelaran atau pawai budaya”, Kata Seger. Sabtu (9/11/2019).

Bahkan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah minta selain setiap tahun dilaksanakan pawai budaya di kampung Seketi, juga diikutkan di acara pawai budaya yang biasanya digelar tiap tahun pada waktu memperingati hari jadi kabupaten Sidoarjo.

“Kalau bisa budaya desa Seketi dipamerkan saat ada pawai budaya peringatan hari jadi kabupaten Sidoarjo di Alun-alun”, Kata Saiful.Sebelumnya, Pemerintah desa Seketi menggelar Sarasehan budaya dengan melibatkan tokoh masyarakat serta pegiat seni dan budaya, Sarasehan digelar untuk mematangkan konsep pagelaran budaya yang akan dijadikan alat promosi destinasi wisata kampung bambu Seketi.(Pan/Sum/Fjri)

About Post Author