Bagi Hasil UNBK,SMKN 1 Pantai Baru Gelar Ibadah Bersama dan Kenakan Pakian Adat

Spread the love

Rote Ndao NTT libasmalaka.com – Pengumuman kelulusan di SMK Negeri 1 Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao Nusa Tenggara Timur, dirangkai dengan ibadah pelepasan. Siswa yang lulus berkostum adat ditemani orang tua/wali mereka, Senin (13/5/2019).

Tiga lulusan terbaik SMK Negeri 1 Pantai Baru nilai 199, atas nama Helsi Anita Loinak dari Jurusan ATPH, Yandri Beama dengan skor 198, Jurusan (TKJ) Susanti Bulan (NKPI) dengan skor 197.
Kepala SMK Negeri 1 Pantai Baru,

FL Suyatna mengatakan, pengumuman kelulusan dirangkai dengan ibadah syukur pelepasan dan pembagian hasil ujian akhir, menurutnya ada dua makna yang tersirat. Pertama, ibadah syukur kelulusan merupakan bentuk pelepasan siswa kepada orangtua dan pengembalian tanggungjawab dari sekolah kepada orangtua untuk melanjutkan cita-cita anaknya.
Kedua, menunjukkan bahwa FL Suyatna,S.Pd menggunakan sarung tenun ikat sebagai bentuk cinta terhadap budaya serta mendukung program Gubernur NTT menjadikan budaya bagian dari pariwisata.

“Ini untuk menepis masalah di tahun-tahun kemarin yang mana tiap kali pengumumuman kelulusan anak-anak mencoret-coret baju seragam itu tidak baik. Oleh karena itu dengan mengenakan pakaian adat, dia menghargai budaya daerah dan tidak coret seragamnya,” Ujarnya

Ia menambahkan bahwa dalam UNBK kali ini sekolahnya meraih 100 persen kelulusan, Dikatakannya, tahun ajaran 2018/2019 siswa yang megikuti ujian 27 siswa dari 3 jurusan.

“Jumlah siswa sebanyak 27 orang, dari tiga jurusan yakni Jurusan Teknik Jaringan Komputer sebanyak 11 siswa, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hurtikultura (ATPH) berjumlah 5 siswa serta Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) sebanyak 11 siswa. Sehingga, total yang ikut UNBK sebanyak 27 siswa,” Katanya.

Diakhir sambuatanya Ia memberikan pesan dan kesan kepada para orang tua siswa agar terus memberitakan hal posetif terhadap SMK Negeri 1 Pantai Baru,

“Karena Tahun ini Listrik di sekolah tersebut telah ada, dan pihak SMK setiap tahun mengelar ujian Prakering para siswa-siswi melaksanakan prakering diperusahaan ternama Pulau Jawa dan Kota Kupang. Bahkan para alumni telah diserap di berbagai perusahaan baik dalam negeri maupun luar negeri,” Pungkasnya. (Dance Henukh/Rajasaf)

About Post Author