19 April 2024

Pembangunan Ruas Jalan Besikama-Sukabilulik mendapatkan apresiasi Warga Desa Oan Mane

Spread the love

Malaka.libasmalaka.com – Warga dusun Sukabilulik, Desa Oan Mane Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka mengaku sangat senang setelah aspal jalan tersebut dikerjakan Oktober tahun lalu.

Pengakuan tersebut diungkapkan Alex Klau Seran (60) warga setempat saat ditemui pewarta media ini dikediamannya, Minggu (21/4/2019)

“Kami di Sikun dan Sukabilulik ini  sepertinya kami baru lihat terang di usia kami yang sudah tua ini. Ini hal baik yang akan dinikmati anak cucu kami di tanah kelahiran mereka sendiri,” Ucap Alex.

Tampak kegembiraan tergambar di wajah Alex, Kegembiraanya bukan tanpa alasan saat ia menuturkan ketika kampung halamannya diporak-porandakan bencana banjir tahun 2000 silam, kampung halaman Alex terisolir dari Besikama, kota Kecamatan Malaka Barat.

“Jalan yang susah dilewati kendaraan roda dua dikarenakan jalan berlumpur terkadang harus berjalan kaki untuk sampai ke Besikama, padahal di Besikama ada gereja, Kantor Camat, Kantor Polisi dan juga pasar dan toko,” Tuturnya.

Kini Alex dan juga warga lainnya di Desa Oan Mane dan Desa Sikun telah dengan mudah menjangkau Besikama untuk berbagai keperluan, terutama untuk memasarkan hasil kebunnya.

Seperti yang dirasakan kedua warga Sukabilulik lainnya, Danel Klau dan warga Busabelo, Albertus Seran yang hidup bertani kini dengan mudah menjual hasil kebunnya ke Besikama, bahkan ke Betun.

“Kalau sekarang jalan sudah baik jadi bisa bawa barang ke pasar dengan biaya murah, kalau dulu harus keluarkan banyak uang untuk bayar ojek baru bisa sampe ke pasar. Itu juga tidak banyak sayur yang bisa dibawa karena medan jalan yang tidak bersahabat,” Ujar Daniel

Ungkapan yang senada di sampaikan Sisilia Bano, pemilik kios di Sukabilulik ia juga memiliki pengalaman yang sama dengan warga lainnya, dengan kehadiran aspal jalan Besikama-Sukabilulik dirinya merasa senang dan bangga atas kinerja Pemerintah Kabupaten Malaka yang dipimpin dr. Stef Bria Seran, MPH yan menurutnya Bupati Malaka telah membuka isolasi tersebut.

“Kami senang karena sekarang tidak susah lagi kalau mau belanja barang dagangan di Besikama atau di Betun. Keuntungan juga bisa cukup untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari karena biaya transportnya sudah ringan,” Katanya.

Terpisah Pembangunan ruas jalan Besikama-Sukabilulik mendapat apresiasi masyarakat setempat, tahun lalu, Pemkab Malaka telah menghotmix jalan Besikama-Sukabilulik sepanjang 3,6 kilometer dengan dana 10 Miliar Rupiah dikerjakan bulan Oktober tahun 2018, Hal itupun dijelaskan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Malaka, Lorens Haba, S. Pd, MM kepada media ini.

“Karena masyarakat di sana sangat butuh jalan itu untuk meningkatkan kesejahteraannya, ditengah keterbatasan kita, bapak Bupati putuskan untuk dikerjakan jalan itu, Ruas jalan tersebut adalah jalan Kabupaten yang memang menjadi tanggung jawab kita,” Jelasny

Untuk info, bersamaan dengan pengerjaan ruas jalan tersebut, dikerjakan juga hotmiks lanjutan ruas jalan lingkar Besikama sepanjang 1,4 kilometer dengan total dana 3,5 Miliar Rupiah. (gio/a./Edi)

About Post Author