19 April 2024

Selain Gagalkan Aksi Penyelundupan Satgas Yonmek 741Gn Berhasil Amankan 101 Pucuk Senjata

Spread the love

libasmalaka.com- Satgas Pamtas RI 🇮🇩 -RDTL  🇹🇱 Sektor Barat
Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara berhasil mendapatkan senjata dari masyarakat perbatasan sebanyak 101 pucuk.

Selain senjata, Satgas Yonmek 741/GN juga mendapat alat perlengkapan senjata yakni munisi berbagai jenis kaliber sebanyak 1.580 buti dan bahan peledak jenis granat tangan.

 

Hal itu di sampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Mayor (Inf) Hendra Saputra,S.Sos, M.M, M.I.Pol kepada wartawan di Mako Satgas,
Sabtu (8/6/2019).
lanjut Mayor Hendra,
“selama tujuh bulan bertugas menjaga wilayah perbatasan RI-RDTL, Satgas Yonmeks 741/GN berhasil mendapatkan senjata dari masyarakat perbatasan sebanyak 101 pucuk. Rincian, senjata standar atau organik 99 pucuk dan senjata rakitan enam pucuk.

Dikatakan senjata standar karena senjata tersebut merupakan hasil pabrik yang memiliki nomor seri

Sedangkan senjata rakitan adalah senjata yang dirakit atau dirancang sendiri oleh manusia secara manual.
Untuk senjata organik, rata-rata tahun pembuatannya sejak 1948, saat perang dunia.

Selain senjata, imbuh Mayor Hendra, Satgas Yonmeks 741/GN juga mengumpulkan alat perlengkapan senjata yakni amunisi berbagai jenis kaliber sebanyak 1.580 butir.

Munisi yang paling banyak ditemukan adalah kaliber ukuran 7,62 mm sebanyak 1.212 butir. Kaliber jenis ini banyak ditemukan karena amunisinya senjata springfield. Senjata jenis ini yang banyak ditemukan Satgas di perbatasan RI-RDTL.

“Kaliber 7,62 milimeter sebanyak 1.212 butir. Kenapa banyak, karena ini adalah amunisinya senjata springfield. Cocok karena memang Springfield di sini yang banyak.

Satgas yomeks 741Gn juga berhasil mendapatkan bahan peledak berupa satu buah granat tangan pecahan tajam buatan USA dan satu lagi jenis bahan peledak lainnya.(edi)

About Post Author